Batulicin,(Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menggelar pelatihan terhadap tenaga motivator untuk mensosialisasikan pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI).


"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan terhadap kader motivator akan pentingnya pemberian ASI bagi anak-anak yang masih berusia dini," kata Katua PKK Kabupaten Tanah Bumbu Erwinda Mardani, di Batulicin, Rabu.

Pelatihan diikuti oleh sekitar 181 orang peserta tenaga motivator yang terdiri dari kalangan petugas Posyandu, pengurus PKK tingkat desa dan kecamatan, serta beberapa pengurus PKK tingkat kabupaten.

Melalui pelatihan tersebut, kata Erwin Mardani, tenaga motivator diharapkan dapat memberikan motivasi sekaligus menggerakan masyarakat khususnya para ibu hamil dan yang sedang menyusui agar mereka paham akan pentingnya manfaat ASI.

Upaya ini merupakan bagian penting langkah pemerintah di bidang kesehatan dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa di Kabupaten Tanah Bumbu yang lebih cerdas dan berkualitas.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Muhammad Damrah melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan M Yamin Badroen menegaskan, tidak sedikit manfaat ASI bagi seorang ibu dan bayi yang sedang disusui.

Dengan banyak mengkonsumsi ASI daya tahan tubuh seorang bayi dipastikan lebih kuat dan lebih terlindungi dari berbagai penyakit atau infeksi.

"Dengan memberikan ASI atau menyusui juga dapat mempererat hubungan emosional kasih sayang antara seorang ibu dengan si buah hati," katamya.

Menyusui juga dapat mengurangi pendarahan, membantu mencegah anemia, menunda kehamilan baru, dan mempercepat kondisi rahim kembali pada ukuran semula.

Namun Yamin menyayangkan, masih rendahnya kesadaran para ibu hamil dan menyusui akan pentingnya ASI tersebut, bahkan tidak sedikit yang menganggap ASI eksklusif tidak begitu penting karena kualitasnya dinilai tidak sebagus susu kemasan dipasaran.

  "Ini paradigma yang salah karena sesungguhnya setinggi apapun kualitas susu yang beredar dipasaran tetap saja tidak bisa mengalahkan manfaat ASI," paparnya.   

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015