Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menerima Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Pratama dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusi positif terhadap dunia pertanian dan perikanan di daerah, Kamis (23/9).

 Lencana yang diserahkan Menteri Pertanian melalui Kepala Badan PPSDMP Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dedi Nursyamsy kepada Bupati Tabalong tersebut juga merupakan bagian dari Rembug Nasional KTNA Nasional.

Anang menyampaikan ucapan terima kasih kepada KTNA beserta seluruh petani dan nelayan di Kabupaten Tabalong karena terus bekerja keras menjaga daya tahan pangan Tabalong dimasa pandemi.

"Terbukti selama dua tahun terakhir ini di Kabupaten Tabalong tidak pernah kekurangan pangan", jelas Anang.

Secara umum kontribusi pertanian terhadap perekonomian dimasa pandemi, apabila dilihat dari data PDRB terakhir, data sektor pertanian mengalami kenaikan disaat sektor perekonomian lain justru menurun.

Karena itu Anang mengajak KTNA bersama - sama pemerintah daerah memajukan sektor pertanian lokal agar terus maju dan sebagai upaya mempersiapkan diri menjadi daerah penunjang Ibukota Negara yang baru,.

"Tidak hanya sebagai peta pangan Kalsel tapi Tabalong juga harus siap sebagai daerah penunjang untuk Ibukota Negara Baru", harapnya.

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sendiri adalah suatu organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021