Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi mengatakan, pihaknya menggencarkan kegiatan vaksinasi untuk bisa mencapai 50 persen lebih hingga 4 Oktober 2021.

Salah satu tempat pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin di Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur mulai 22 September sampai 4 Oktober 2021.

Kegiatan vaksinasi massal itu bertema "Posko pelayanan gebyar vaksinasi COVID-19" dilaksanakan setiap hari kerja, yakni, Senin sampai Jumat.

Menurut Machli Riyadi, dilaksanakannya secara gencar vaksinasi COVID-19 ini untuk memenuhi indikator ke luar dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Di mana pemerintah pusat kembali memutuskan perpanjang PPKM level 4 di Kota Banjarmasin sejak 21 September hingga 4 Oktober 2021. Salah satu indikator yang menyebabkan Kota Banjarmasin belum ke luar dari PPKM level 4 tersebut karena capaian vaksinasi COVID-19 yang belum sampai 50 persen.

"Hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin masih diangka 43 persen," tutur Machli Riyadi.

Untuk menggencarkan program vaksinasi COVID-19 ini, ungkap dia, Kota Banjarmasin kembali mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 90 ribu dosis.

Pelaksanaan vaksinasi juga digencarkan di puskesmas, di mana ada 26 puskesmas di kota ini.

"Yang biasa target sasaran di puskesmas itu hanya 100 orang perharinya, ditambah menjadi 200 orang perharinya," ujar Machli Riyadi.

Dia pun berharap, masyarakat yang belum divaksin untuk segeranya datang ke puskesmas terdekat, atau datang ke Posko pelayanan gebyar vaksinasi COVID-19 di Dinkes Banjarmasin.

Sebagaimana disebutkan dia sebelumnya, target vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat umum di Kota Banjarmasin sebanyak 338.815 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021