Ketua KONI Kota Banjarmasin H Hermansyah mengungkapkan, daerahnya menyumbang 41 atlet untuk kontingen Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2021 di Provinsi Papua.

Menurut dia saat di kantor KONI Kalsel di Banjarmasin, Selasa, Kota Banjarmasin penyumbang atlet terbanyak untuk kontingen Kalsel ke PON Papua yang secara resmi akan dibuka Presiden RI Ir H Joko Widodo pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 tersebut.

Dinyatakan dia, diantara atlet Kota Banjarmasin yang ikut ke PON Papua tersebut pada cabang olahraga dayung, gulat, menembak dan silat.

"Kita bangga tentunya banyak atlet daerah kita yang dipilih untuk ke PON ini, kebanggaan bagi masyarakat Kota Banjarmasin juga pastinya," ujar Hermansyah.

Mantan Wakil Wali Kota Banjarmasin periode 2016--2021 ini menyampaikan, untuk keberangkatan 41 atlet Kota Banjarmasin yang ikut PON ini sudah KONI Kota Banjarmasin lepas.

"Bahkan kita juga ada memberikan uang saku tambahan bagi para atlet daerah kita ini secara langsung Rp2,5 juta per orang," ujarnya.

Hermansyah berharap, para atlet Kota Banjarmasin bisa berprestasi mengharuskan nama daerahnya, tapi tetap menjunjung sportivitas dalam bertanding.

"Jaga kesehatan, apalagi masa pandemi COVID-19 ini, jangan sampai lengah protokol kesehatan, sebab ini penting untuk bisa bertanding dan meraih prestasi," ujarnya.

Sebagaimana disampaikan KONI Kalsel sebelumnya, sebanyak 111 atlet dari 25 cabang olahraga dikirim ke PON Papua.

Kontingen Kalsel ke PON Papua sudah mulai diberangkatkan, yakni, yang pertama berangkat para atlet cabang olahraga gantole, karena mulai bertanding pada 24 September 2021.

Target Kalsel pada PON 2021 di Papua ini sebanyak 14 medali emas, lebih banyak lima medali emas yamg didapat dari PON  2016 di Jawa Barat. Yakni, sebanyak 9 medali emas.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021