Balangan, (AntaranewsKalsel) - Dinas Kesehatan Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menyiagakan pelayanan kesehatan selama 24 jam, baik di Rumah Sakit Umum Daerah maupun di Puskesmas yang memiliki Instalasi Gawat Darurat (IGD), selama Ramadan dan Idul Fitri.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, Humam Arifin di Paringin, Minggu mengungkapkan, pelayanan rawat inap pada puskesmas maupun rumah sakit di Balangan dipastikan tidak akan terganggu, meski pun bulan Ramadan.

Pelayanan pasien tidak akan terganggu ujar Humam hanya karena adanya penetapan jam kerja khusus pada bulan puasa yang dikeluarkan Pemkab di Bulan Ramadan yang lebih pendek dari biasanya.

"RSUD Balangan dan seluruh puskesmas tetap beroperasi normal selama bulan Ramadan, dan untuk RSUD maupun Puskesmas yang ada unit IGD tetap wajib buka selama 24 jam," ujar Humam.

Bulan Ramadan 1436 Hijriah lanjut Humam, warga Balangan tidak perlu khawatir terkait pelayanan kesehatan, karena setiap IGD baik rumah sakit maupun puskesmas di tiap kecamatan tetap buka melayani selama 24 jam, bahkan hingga hari raya nanti.

"Kita tetap akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di bulan Ramadan ini, bahkan bukan hanya di bulan puasa, tapi hingga hari raya Idul Fitri nanti," ucap Humam.

Selain waktu pelayanan, Humam juga memastikan kualitas pelayanan kesehatan tidak akan berubah, kesiapan para tenaga medis serta para dokter pun akan disiagakan.

"Bagi warga yang merasa pelayanan kesehatan kurang maksimal pada bulan puasa ini, bisa langsung melaporkan ke kami, dan akan kita tegur," tegasnya.

Jika pelayanan kesehatan kurang maksimal dalam menangani pasien, maka petugas yang bersangkutan akan mendapat teguran dari Dinas Kesehatan Balangan, karena mereka memiliki standar pelayanan kesehatan yang jelas.

Selain teguran, lanjut Humam, pihaknya akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku jika ada petugas pelayanan kesehatan yang tidak memenuhi standar pelayanan. Hal ini dilakukan, agar pelayanan kesehatan tetap optimal.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015