Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin pada hari ini memulai program magang dengan pengantaran mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar.

"Ada dua orang mahasiswa atas nama Vina Sasmita dan Ayu Usfatun Hasanah mengikuti program magang di HAFECS yayasan Hasnur Center," terang Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin Yasyir Fahmi Mubaraq.

Selain itu, dua orang mahasiswa lainnya mengikuti magang di English First Banjarmasin, yakni Pardiatum Pardiyah dan Muhammad Rifky Shofwan.

Kegiatan penyambutan di Hafecs dihadiri langsung oleh direktur HAFECS, Dr. Zulfikar Alimuddin dan Sekretaris Umum yayasan Hasnur Nina Richi Tresy Putri.

Sementara Yasyir Fahmi Mubaraq didampingi Sekretaris Yulieda Hermaniar, Ketua tim MBKM prodi Kuzairi beserta tim MBKM Tri Winindyasari Palupi dan Agustina Lestary.
Tim MBKM Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin berserta jajaran petinggi HAFECS yayasan Hasnur Center. (ANTARA/Firman)


Pada hari yang sama, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga mengantarkan dua mahasiswa lain untuk memulai kegiatan magang di English First Banjarmasin. 

Mahasiswa atas nama Pardiatum Pardiyah dan Mihammad Rifky Shofwan telah melewati proses seleksi dari program studi sebelum terpilih untuk magang di salah satu lembaga kursus Bahasa Inggris ternama di Banjarmasin ini.

Kedua mitra mengapreasiasi program magang yang diinisiasi oleh Kemdikbud Ristekdikti ini. Neliyani, Director of Studies EF Banjarmasin bahkan secara ekplisit memuji gebrakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan mahasiswa berkembang di luar kampus namun dihargai dengan pengakuan SKS pada mata kuliah di program studi.  

Selaras dengan EF, Direktur HAFECS, Dr. Zulfikar berharap kegiatan ini tidak hanya terbatas pada program magang namun bisa berkembang menjadi bentuk realisasi program lainnya terutama dibidang Tri dharma Perguruan Tinggi. 

Yasyir Fahmi Mubaraq sangat berterima kasih kepada pihak mitra HAFECS dan EF Banjarmasin karena telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar dari dua institusi besar ini. 

“Ini adalah kesempatan langka. Tidak semua mahasiswa dari universitas lain mendapatkan kesempatan seperti mahasiswa kami ini," ucapnya.
Mahasiswa Magang atas nama Ayu Uswatun dan Vina Sasmita bersama Kuzairi dan Yasyir Fahmi Mubaraq pada prosesi pengantaran ke HAFECS yayasan Hasnur Center. (ANTARA/Firman)


Selama sekitar empat bulan, mahasiswa akan dapat mengaplikasikan apa yang selama ini dipelajari di kampus. Selain itu, mereka juga akan digembleng untuk menjadi calon guru yang lebih baik lagi.

Selama proses magang, mahasiswa juga akan terus dimonitor oleh pihak program studi guna memastikan mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan magang. 

“Mahasiswa akan mengisi log book mingguan yang berisi deskripsi kegiatan yang mereka lakukan. Selain itu, dosen pendamping juga telah ditunjuk oleh program studi agar mahasiswa dapat berkonsultasi jika mengalami kesulitan,” tambah Kuzairi.

Wakil Ketua I sekaligus koordinator MBKM KSKI STKIP PGRI Banjarmasin, Dr. Siti Ramdiah mengucapkan selamat kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris atas dimulainya kegiatan magang dalam program MBKM.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan terus berkembang sebagai wujud memberikan pengalaman dan layanan terbaik kepada mahasiswa," ujarnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021