Wakil Bupati Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Fauzan Saleh mengharapkan, pengurus dan anggota Majelis Ulama Indonesia mampu menjadi motivator pembangunan daerah.

"Peran para pengurus dan anggota MUI sebagai motivator pembangunan sangat dibutuhkan karena mereka merupakan tokoh dan panutan masyarakat yang perilakunya menjadi contoh baik masyarakat," ujar wakil bupati di sela Musyawarah Daerah MUI Kabupaten Banjar di Martapura, Selasa (21/6).

Ia mengatakan, peran para pengurus dan anggota MUI sebagai motivator pembangunan sangat dibutuhkan karena mereka merupakan tokoh dan panutan masyarakat yang perilakunya menjadi contoh baik masyarakat.

Disisi lain, kata dia, MUI juga diharapkan mampu menjawab pertanyaan terkait permasalahan dan tantangan bagi umat muslim baik mengenai paham maupun kepercayaan yang berkembang di masyarakat.

"Permasalahan yang muncul di tengah masyarakat itu harus disikapi MUI sesuai tugas dan perannya sehingga setiap masalah tidak menimbulkan keresahan apalagi sampai berdampak terjadinya perpecahan," ungkapnya.

Ditekankan, khusus bagi pengurus dan anggota MUI Kabupaten Banjar dalam kiprahnya diharapkan mampu ikut berpartisipasi aktif mengatasi problematika akhlak, sosial dan ekonomi baik tingkat lokal maupun nasional.

Ketua MUI Provinsi Kalimantan Selatan Ahmad Makkie mengatakan, selama kurun waktu 5 tahun terakhir MUI semakin menarik perhatian dan mendapat kepercayaan masyarakat .

"Perhatian dan kepercayaan masyarakat itu tumbuh berkat kinerja pengurus dan anggota MUI yang mampu bersikap moderat, merangkul unsur-unsur masyarakat dan bekerjasama dengan seluruh pihak," ujarnya.

Dikatakan, seiring perkembangan positif itu, kelembagaan MUI baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota diminta menyiapkan program kerja mampu dijalankan dengan baik dan membawa kemaslahatan umat.

"Jangan menyusun program kerja yang sulit direalisasikan tetapi hendaknya disusun program nyata dan bisa membangun kesadaran umat sesuai peran sebagai salah satu unsur pemimpin umat," katanya.

Peserta musda MUI Kabupaten Banjar yang dipusatkan di aula STAI Darussalam Martapura berhasil memilih Ketua MUI Banjar periode 2011-2016 KH Kholilurrahman*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011