Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan mengajak masyarakat di sekitar Pantai Batakan, Kecamatan Panyipatan untuk mengelola wisata pantai di daerah tersebut.


"Pantai Batakan salah satu objek wisata yang cukup dikenal, baik di Kalsel maupun Kalteng, sehingga keberadaannya perlu dijaga dan dikelola dengan baik," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Kamis.

Menurut dia, dengan pengelolaan yang baik, dan keterlibatan masyarakat menjaga kebersihan maupun menjaga keasrian pepohonan di di lokasi sekitar pantai, maka sangat memungkinkan Pantai Batakan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Diutarakannya, kalau kondisi maupun keindahan Pantai Batakan terjaga dengan baik dan asri, maka tidak menutup kemungkinan pantai tersebut dapat sejajar dengan pantai yang ada di Pulau Bali.

Dalam hal tersebut, jelas dia, Pemkab Tanah Laut terus berupaya untuk memperbaiki dan menjaga keindahan Pantai Batakan tersebut, sehingga salah satu menjadi tujuan wisata bagi daerah lain.

Lebih lanjut dia mengemukakan, keingainan untuk membangun dan memperindah Pantai Batakan agar menjadi daya tarik, tidak hanya keinginan Pemkab Tanah Laut saja, namun masyarakat di sekitar Pantai Batakan juga beringinan wisata pantai menjadi lebih baik.

Dia berharap, meningkatnya daya tarik wisatawan ke Pantai Batakan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar pantai tersebut, terutama membuka usaha rumah makan, warung serta menjual hasil produk perikanan laut.

Terpisah, anggota DPRD Tanah Laut Ahmad Mursidi mengatakan, keberadaan Pantai Batakan perlu menjadi perhatian Pemkab Tanah Laut, terutama tersedianya fasilitas penunjang bagi wisatawan seperti aneka permainan, kamar mandi dan wc.

Apalagi, ungkap kader Partai Gerindra Tanah Laut, saat lebaran maupun tahun baru dipastikan jumlah pengunjung di Pantai Batakan mengalami lonjakan, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Untuk itu, dia berharap, sebelum lebaran kondisi Pantai Batakan sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Kalsel dan Kalteng perlu dilakukan pembenahan, agar memberikan kenyamanan bagi wisatawan berkunjung ke pantai tersebut.

Pewarta: Arianto

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015