Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin menyatakan siap mengimplementasikan Merdeka Belajar sebagaimana diusung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbud -Ristek) Nadiem Anwar Makarim dalam program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sejak tahun 2020.

Salah satu langkahnya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin kembali menggelar workshop dengan mengundang pembicara Direktur Unit Program Merdeka Belajar Universitas Bandar Lampung, Yanuar Dwi Prasetyo , Ph.D. 

" Bengkelini adalah bagian dari rangkaian implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kami berharap program studi dapat menjalankan program pertukaran mahasiswa antar program studi dalam perguruan tinggi, pertukaran mahasiswa antar perguruan tinggi, magang, dan KKN Tematik,” sebut Yasyir Fahmi Mubaraq , M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin , Rabu.

Workshop dilaksanakan secara berani dengan mengusung tema “Pengembangan Pendoman , Penilaian, Konversi, dan Rekognisi Mata Kuliah.”

Kuzairi sebagai ketua Tim MBKMProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris menambahkan, baik program studi maupun institusi telah melaksanakan penandatangan nota kesepahaman dengan Universitas Lambung Mangkurat , Universitas Wiranegara , HAFECS , English First Banjarmasin dan Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

Pada semester ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengirim mahasiswa dari semester lima untuk mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Wiranegara . 
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin melaksanakan penandatangan nota kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi dan institusi. (ANTARA/Firman)


Mahasiswa juga melakukan magang di institusi mitra seperti HAFECS , English First Banjarmasin dan Balai Bahasa Kalimantan Selatan. 

Selain itu, mahasiswa pada semester tujuh akan melaksanakan KKN Tematik di desa-desa sasaran, dimana fokus KKN adalah program ekowisata.

"Kegiatan hari ini disamping sesi webinar yang dibuka untuk umum juga dilanjutkan dengan workshop terkait panduan pelaksanaan MBKM ," jelasnya.

Pembicara utama, Yanuar yang juga salah satu tim reviewer MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kemendikbud-Ristek mengapresiasi kesiapan dokumen Prodi Bahasa Inggris STKIP PGRI Banjarmasin.

Para peserta dan undangan yang hadir via zoom dan youtube pun sangat antusias dan berterima kasih acara ini telah diadakan oleh tim MBKM PBI STKIP PGRI Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021