Pemerintah daerah dalam hal ini Satgas COVID-19 Kabupaten Balangan, Kalsel, memerlukan dukungan tokoh agama untuk percepatan vaksinasi di kalangan warga masyarakat.

Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Balangan H Rahmi di Paringin, Rabu, mengatakan pihaknya sangat membutuhkan adanya dukungan dari tokoh agama dalam mensosilisasikan kepada warga masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi.

"Salah satu upaya percepatan vaksinasi tentunya kita butuh dukungan dari para tokoh agama, pimpinan organisasi keagamaan dan pimpinan pondok pesantren. Untuk mensosialiasikan kepada masyarakat dalam hal vaksinasi dengan mengikuti jadwal yang sudah disiapkan," kata H Rahmi.

Pihaknya berharap, dengan adanya sosialiasi dari mereka, dapat membantu upaya program dari pemerintah untuk tercapainya target vaksinasi agar masyarakat lebih kebal terhadap penularan COVID-19. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Balangan H Muhammad Yamani menyambut baik upaya dari Satgas COVID-19 dalam rencana aksi percepatan vaksinasi tersebut.

"Semoga dengan adanya peran positif dari para tokoh agama ini, yaitu dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Masyarakat dapat lebih menerima dan membuang kesan negatif terhadap vaksinasi," pungkasnya.

Selain itu, dirinya akan langsung memintakan dari Kepala KUA setiap kecamatan untuk menyampaikan kepada calon-calon pengantin. Selanjutnya dari tokoh agama dan tokoh masyarakat kepada masyarakatnya dan pimpinan majelis kepada jamaahnya serta santri-santrinya.

"Ayo bersama-sama kita dukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus COVID-19 dengan cara melakukan vaksinasi serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 5M," tuturnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021