Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) H Junaidi Gunawan berharap formasi untuk tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat membantu memenuhi kebutuhan jumlah tenaga guru yang masih kurang.

"Untuk  tes PPPK 2021 Hulu Sungai Utara mendapat alokasi 232 orang, kekurangannya akan kami usulkan kembali pada 2022," ujar Junaidi di Amuntai, Selasa (14/9).

Junaidi mengatakan, kurangnya tenaga pendidik ini sudah menjadi permasalahan  klasik hampir semua daerah di Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten HSU.

Dikatakan, tenaga guru yang masih kurang dan diprioritaskan untuk formasi tes CPNS adalah guru kelas SD, guru Penjaskes SD dan SMP.

Ia menginformasikan, alokasi tes PPPK 2021 untuk Kabupaten HSU sebanyak 232 orang, terdiri Guru SMP 9 orang dan Guru SD sebanyak 223 orang.

Pelaksanaan tes PPPK berlangsung selama tiga hari (13-16 September) di SMKN 2 Amuntai, sedangkan untuk tes seleksi ASN/ CPNS berlangsung pada 6 - 10 Oktober mendatang di Balai Diklat BKPP HSU.

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai melaksanakaan seleksi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) untuk guru formasi tingkat SD/SMP/SMA/SMK yang dilaksanakan dari tanggal 13-16 september 2021 di SMKN 2 Amuntai.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSU H Junaidi Gunawan. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Selama tiga hari pelaksanaannya kita menggunakkan shift atau secara bergantian agar tidak terjadi kerumunan, kami  disediakan tiga ruangan yang mana setiap ruangan hanya diisi 19 peserta dan pengawasan dilakukan oleh pihak Kemendikbud, sedangkan untuk ketersediaan perangkat pendukung seperti laptop serta ruangan dan penunjang lainnya sudah diakomodir oleh pihak SMK2 Amuntai," terangnya.

Sebagaimana peserta tes seleksi CPNS, kata Junaidi, maka peserta tes PPPK juga harus mempunyai sertifikat vaksin dan surat negatif COVID -19 ditandai adanya surat pemberitahuan sudah menjalani Rapid dan Swab tes.

"Sebelum peserta melaksanakan seleksi tentunya peserta harus melakukan pengukuran suhu tubuh, selanjutnya akan melakukan registrasi, pencocokan KTP, kartu vaksin sesuai SOP sebelum peserta memasuki ruang seleksi," katanya.

Sedangkan untuk hasil seleksi PPPK para peserta bisa mengetahui hasilnya langsung melalui website SMKN2 Amuntai http://www.smkn2amuntai.sch.id/?m=1 atau melalui Sosial media https://instagram.com/smkn2amuntaiofficial?utm_medium=copy_link.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021