Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti peringatan hari Pramuka ke-60 secara virtual, di Sanggar Pramuka Kandangan.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor, Senin (13/9), mengatakan gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial.

"Namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan," katanya yang juga Gubernur Kalsel, dalam sambutan.

Dijelaskan dia, hal itu sejalan dengan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para anggota pramuka melaksanakan dua gerakan.

Dua gerakan itu yaitu, gerakan kedisiplinan nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini juga ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka, sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional No. 094 Tahun 2021.

Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lain Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat, sebab sudah sangat jelas bahwa slogan Pramuka adalah “Berbakti Tanpa Henti”.

Andalan Cabang Penggalang Putri Kwarcab HSS, Rosalina, mengatakan dengan adanya Hari Pramuka ini diharapkan gerakan Pramuka jauh lebih bersemangat.

"Tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita," katanya..

Pihaknya juga dari Kwarcab.HSS mengucapkan "Selamat Hari Pramuka ke-60," dengan do'a dan harapan agar Pramuka di Kabupatren HSS lebih maju dan sukses lagi.

Baca juga: PAW Kwarcab Gerakan Pramuka HSS dilantik

Baca juga: Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka HST M Helmi Nunci berpulang

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021