Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - PT Angkasa Pura I Bandara SyamsudiN Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membantu memperkuat pengembangan usaha mikro kecil dan menengah antara lain dengan menyalurkan modal bergulir untuk meningkatkan kapasitas usaha mitra binaan.
    
General Manager Bandara Syamsudin Noor Handy Heryudhitiawan di Banjarmasin Jumat mengatakan, bantuan modal bergulir tersebut merupakan program "Corporate Social Resposibility" (CSR) Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.     

"Tahun ini kita menyalurkan modal dengan bunga ringan sebesar Rp400 juta lebih untuk meningkatkan usaha mitra binaan," katanya.
    
Penyaluran dana kemitraan tahun 2015 ini, dilaksanakan di gedung administrasi perkantoran baru PT Angkasa Pura I Syamsudin Noor di Landasan Ulin, yang ditandai penandatanganan kontrak perjanjian pinjaman kemitraan.
    
Penandatanganan kontrak binaan yang mencapai Rp417.500.000 itu, diwakili Ramlan Muhammad Iriansyah dari Mia Lestari Amplang dan Siti Aminah dari Natasya Bakery dengan General Manager Bandara Syamsudin Noor Handy Heryudhitiawan.
    
"Terimakasih kepada seluruh mitra binaan yang secara aktif dan produktif memanfaatkan dana pinjaman serta memenuhi tanggung jawab pengembalian pinjaman, karena manfaatnya akan kembali pada masing-masing mitra,” kata Handy.
    
Dana kemitraan disalurkan kepada 15 perwakilan mitra binaan dari lima sektor usaha seperti industri, jasa, perdagangan, pertanian, dan peternakan.
    
Menurut Handy, program CSR Section ini, bertujuan untuk mendukung pengembangan masyarakat khususnya usaha kecil dari dana yang bergulir dalam program kemitraan.
    
Melalui program CSR, Bandara Syamsudin Noor berupaya memberdayakan masyarakat sekitar dengan mendorong kegiatan produktif dan perluasan kesempatan usaha.
    
Program tersebut, sesuai  Peraturan Menteri BUMN tentang Program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan Program Bina Lingkungan yang menjadi dasar pemanfaatan dana BUMN guna meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.
   
"Program ini sangat membantu kami untuk meningkatkan usaha yang berkesinambungan dan berharap ke depannya bisa lebih maju lagi,” kata Ramlan Muhammad Iriansyah.
    
Penerima program lainnya, Siti Aminah mengatakan, bantuan tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menumbuhkan optimisme dalam berwirausaha.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015