Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengatakan situasi keamanan perairan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalsel-teng) selama ini terjaga kondusif berkat sinergi semua unsur membina masyarakat pesisir.

"Syukur alhamdulilah tidak ada kejadian menonjol sepanjang tahun ini, perairan terjaga kondusif mendukung aktivitas ekonomi masyarakat," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Hal itu disampaikan Danlanal saat syukuran hari ulang tahun (HUT) ke-76 TNI AL di Mako Lanal Banjarmasin hari ini. Menurut dia, TNI AL akan terus bersinergi dengan Polri dan unsur aparat pemerintah lainnya dalam menjaga wilayah perairan.

Herbi menekankan pembinaan masyarakat maritim dan warga yang tinggal di pesisir laut dan sungai sangatlah penting dalam upaya menciptakan kondusifitas.

Seperti halnya Lanal Banjarmasin, senantiasa membina masyarakat pesisir melalui personel yang bertugas di Pos TNI AL (Posal) tersebar di 6 Posal berada di perairan Kalsel dan 7 Posal di perairan Kalteng.

"Saya instruksikan anggota di Posal agar menjalin komunikasi yang baik dengan warga. Bina masyarakat dengan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme," tutur Danlanal.
Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko menyerahkan hadir pemenang lomba saat syukuran HUT ke-76 TNI AL. (ANTARA/Firman)


Di momen HUT ke-76 TNI AL hari ini, Herbi pun menyatakan komitmen satuannya untuk selalu memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat. Dimana saat ini serbuan vaksinasi COVID-19 jadi fokus pihaknya dikerjakan.

Upacara Hari Jadi TNI Angkatan Laut dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat oleh Lanal Banjarmasin yang dilanjutkan ramah tamah secara sederhana di gedung Hasan Basri Mako Lanal Banjarmasin.
Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko dan istri menyerahkan tali asih kepada masyarakat pesisir dalam rangka HUT ke-76 TNI AL. (ANTARA/Firman)


Sebelumnya Lanal Banjarmasin melaksanakan rangkaian kegiatan menyambut hari spesial Angkatan Laut tersebut. Di antaranya ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana dan Taman Makam Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Purn) Hassan Basry di Kota Banjarbaru.

Danlanal bersama Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA ll Farrah Herbiyantoko juga melaksanakan kegiatan bakti sosial membagikan paket sembako untuk para Warakawuri yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL), anak yatim piatu dan warga pesisir di Pendopo Transmigrasi Angkatan Laut (Transal) RT 03 Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar dan di Desa Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021