Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Penumpang kapal di terminal pelabuhan Bandarmasih nampaknya akan lebih dimanjakan Pelindo III Banjarmasin dengan hadirnya taman di tengah terminal.

"Kami merencanakan membuat taman burung untuk menambah fasilitas kenyamanan penumpang," kata General Manager PT Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana usai buka puasa bersama Forum Wartawan Pelabuhan di rumah makan Rempah Pelangi Banjarmasin, Rabu (24/6).

Seperti diketahui fasilitas yang telah di sediakan di terminal penumpang Bandarmasih Banjarmasin meliputi ruang tunggu luas, kran air yang bisa langsung diminum, ruang ibu menyusui, ruang kesehatan dan difable, mushola, metal detector hingga hiburan. Yang kesemuanya diberikan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang saat menunggu keberangkatannya.

Dan satu lagi fasilitas yang akan dibangun di tengah penumpang tersebut adalah kebun binatang berupa taman burung.
 
"Nantinya akan diisi burung-burung khas Kalimantan Selatan," harap Hengki.

Kehadiran taman burung nantinya akan semakin menambah kemanjaan bagi calon penumpang kapal di pelabuhan Trisakti tersebut tidak hanya di telinga melalui kicauan burung-burung tetapi juga mata dan mampu menentramkan hati.

Dalam menghadapi arus mudik Lebaran 1436 hijriah sendiri, Pelindo III Banjarmasin bersama perusahaan pelayaran telah menyediakan 9 kapal yang akan membawa penumpang dari H-7 hingga H+7 menuju Surabaya dan Semarang.
 
Satu kapal diantaranya menjadi cadangan yang akan standby di pelabuhan pada H-1 hingga H+1 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Menutut Hengki, jumlah penumpang di pelabuhan Trisakti Banjarmasin mencapai 10 ribu per bulan, namun di momentum mudik diperkirakan akan melonjak hingga 20 ribu.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015