Asisten Administrasi Pemerintahan Setda HSS, Efran mengikuti rapat penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN)  Tahun 2021 secara virtual dari ruang media center.

Ia mengatakan, berharap PKN Tahun 2021 ini agar dapat diikuti oleh masyarakat HSS, khususnya generasi muda yang ada di HSS.

“Di tahun 2022 akan dilaksanakan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD), kita akan upayakan agar Kabupaten HSS turut serta memeriahkannya, jangan sampai tidak ikut," katanya, dalam keterangan, Kamis (9/9).

Dijelaskan dia, karena ini merupakan peluang untuk memperkenalkan dan memunculkan kebudayaan yang ada di HSS, kepada masyarakat luas.

PKN merupakan serangkaian aktivitas berjenjang dari desa hingga pusat yang terdiri atas kompetisi daerah hingga nasional, konferensi pemajuan kebudayaan, eksibisi, dan pergelaran karya budaya dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia.

Asisten Deputi Pemajuan dan Pelestarian Budaya, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Molly Prabawaty menyampaikan PKN 2021 akan dilaksanakan lima sampai 12 November, angkat tema “Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan”

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid menjelaskan bagian-bagian dari Pekan Kebudayaan Daerah yang terdiri dari tiga sektor kegiatan, sesuai Tema PKN tahun 2021.

"Meliputi  yaitu sandang, pangan dan papan, yang mana ketiganya akan dikemas menjadi beberapa jenis kegiatan," katanya.

Jenis kegiatannya seperti kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan PKD yang diikuti berjenjang mulai dari tingkat kabupaten atau kota hingga provinsi.

Rangkaian PKN Tahun 2021 didahului dengan pra-PKN yang diselenggarakan dari bulan Juli hingga Oktober 2021, dengan beberapa program seperti kompetisi, konferensi, dan lokakarya.

Baca juga: Komitmen bersama pengambangan Asman Toga di HSS

Baca juga: Disnakerkop UKMP HSS sosialisasi perizinan berusaha berbasis resiko

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021