Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman milik pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan drg Sapta Rianta Hutasoit Sport bertekad meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

"Memang pelayanan RSGM Hasan Aman selama ini belum maksimal. Tapi ke depan kita bertekat untuk meningkatkan pelayanan," katanya, usai rapat bersama komisi IV bidang kesra DPRD Kalsel, di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengaku, belum maksimalnya pelayanan RSGM yang belum "setahun jagung" itu berdiri, antara lain karena masalah sarana dan prasaana, seperti ruangan dan peralatan medis.

Kalau mengenai sumber daya manusia (SDM), menurut perempuan dari keturunan Batak, Sumatera Utara (Sumut) itu, bagi RSGM Hasan Aman tidak ada masalah.

Mengenai kekurangan ruangan, dia menyatakan, pihaknya akan mengambil kembali "gedung lima" (bangunan berlantai lima) yang selama ini dipinjam pakai Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Pasalnya FKG Unlam selama ini hanya menggunakan satu ruangan dari gedung lima RSGM Hasan Aman tersebut, yaitu kegiatan administrasi fakultas itu.

"Kita akan surati Dekan FKG Unlam. Kan sayang gedung berlantai lima itu banyak tidak perpakai. Padahal RSGM memerlukan," katanya saat berada di Pers Room DPRD Kalsel tersebut.

Mengenai kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dia mengatakan, untuk itu sudah pembiacaraan.

Memang, kata dia, selama ini RSGM Hasan Aman belum melayani pasien/peserta BPJS Kesehatan, karena belum terakreditasi.

Sedangkan BPJS Kesehatan hanya mau bekerja sama, kalau RSGM Hasan Aman sudah berkelas dan terakreditasi.

Oleh sebab itu dengan tiada masalahnya SDM, serta sarana dan prasarana, kita berusaha mendapatkan kelas dan akreditasi. Karena ke depan kita juga ingin RSGM Hasan Aman menjadi rujukan se-Kalsel, demikian Sapta Rianta Hutasoit.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Yazidie Fauzi meminta, agar RSGM Hasan Aman segera mengambil kembali gedung lima tersebut, daripada tidak terpakai FKG Unlam.

"Kan sayang, mubazir bangunan gedung berlantai tersebut tak dimanfaatkan, sedangkan RSGM memerlukan dan FKG Unlam hanya memanfaatkan satu ruangan," ujar Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kalsel itu.

Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel itu juga berharap, agar RSGM Hasan Aman tersebut segera bekerja sama dengan BPJS Kesehatan setempat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015