Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel menggelar pelaksaan vaksinasi tahap satu dan tahap kepada masyarakat umum yang ada di Kota Banjarmasin.

"Kami gelar vaksinasi tahap satu agar masyarakat yang belum sama sekali di vaksin bisa datang untuk melakukan vaksinasi tersebut," ucap Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol Ubaidillah di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakannya, pihak Biddokes Polda Kalsel setiap harinya ada menggelar  vaksinasi namun tempatnya memang berpindah-pindah sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan.

Seperti halnya di GOR Hasanuddin yang  berlokasi di Jalan Pangeran Antasari Banjarmasin Tengah, pihak Biddokkes Polda Kalsel melaksanakan vaksinasi COVID-19.

Saat pelaksanaan pada Rabu (1/9) pagi, sekitar pukul 08.00 WITA hingga selesai ada 993 orang yang berhasil di vaksin dari target 1.000 orang.

Untuk yang hadir dan ingin divaksin berjumlah 1.028 orang, namun tidak semuanya bisa vaksinasi dan harus ditunda karena alasan kesehatan.

Dijelaskannya, vaksin yang digunakan jenis sinovac, dan peserta vaksinasi tahap satu 923 orang dan tahap kedua sebanyak 70 orang.

"Dalam pelaksanaan kegiatan untuk mensukseskan program vaksinasi itu peserta yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M," ujar pewira menengah Polri itu.

Saat ini, ucapnya, prokes 5M yang harus di terapkan di antaranya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak saat menunggu antrean vaksinasi.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi secara terus menerus diharapkan dapat mempercepat dan membentuk kekebalan imunitas kelompok.

"Ayo bersama-sama kita dukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus COVID-19 dengan cara melakukan vaksinasi serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 5M," harapnya.

Pewarta: Wibhi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021