Para artis penyanyi, pencipta lagu dan pemusik di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan melaksanakan rapat koordinasi membentuk kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).

Rakor dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan berhasil menyusun kepengurusan periode 2021-2026 dengan ketuanya Romier Egus J.A Rivillia.

Romier berjanji kedepannya akan berfokus dengan memfasilitasi atau mewadahi para seniman di HSU.

"Terbentuknya kepengurusan mempermudah seniman saling membantu terhadap potensi-potensi dikalangan mereka, " katanya. 
Ketua pengurus DPC PAPPRI HSU periode 2021-2026 yang terplih Romier Egus J.A Rivillia menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi di Aula Dinas Pendidikan di Amuntai, Sabtu. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)


Walaupun dalam suasana pandemi COVID-19, kata Romier, bukan berarti menjadi penghambat para seniman untuk berkreasi dan berkarya dibidang seni.

Menurutnya,  para seniman bisa menyalurkan karyanya secara virtual, melalui media internet atau menampilkan secara langsung melalui pertunjukan terbatas karena para penikmat seni dan budaya. 

"Atau kita menunggu arahan dari pemerintah dalam hal pelaksanaannya, yang menjadi salah satu solusi agar kita tetap bisa berkarya dalam masa pandemi ini," kata Romier. 

Romier berharap DPC PAPPRI HSU bisa belerja sama dan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah,  khususnya melalui Disdikbud HSU. 

"Tentunya terbentuknya organisasi ini perlunya dukungan dan kerjasama dengan pemerintah, mudahan-mudahan bisa terlaksana dengan baik serta satu misi dan satu visi," tandasnya. 

Sementara Staf Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdikbud HSU, Mariana menyampaikan dirinya mendapatkan mandat dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAPPRI Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Sirajuddin untuk membentuk kepengurusan DPC PAPPRI HSU.
 
Para seniman, artis penyanyi, pencipta lagu, pemusik dan seniman lainnya menghadiri Rakor pembentukan pengurus DPC PAPPRI di Aula Disdikbud HSU di Amuntai, Sabtu (28/8). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Kebetulan saya sendiri yang menerima mandat dari DPD PAPPRI Kalsel, karena perlu kita ketahui koordinasi dengan adanya DPC PAPPRI HSU sendiri ini dibawah naungan bidang kebudayaan dari Disdikbud," katanya.

Ia menambahkan dengan dibentuknya DPC PAPPRI HSU adalah bentuk dari merangkul para seniman atau pelaku seni untuk dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Saya harapkan semoga dengan adanya DPC PAPPRI HSU ini akan menjadi wadah penyalur dan hobi semua seniman yang ada di HSU dan juga nantinya akan menjadikan terjalinnya kemitraan, melindungi hak cipta produksi mereka sehingga nantinya akan tersalurnya ide-ide atau gagasan yang selama ini belum terakomodir," pungkasnya. 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021