Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin H Muhidin menyatakan, segera mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan, guna menyerahkan syarat dukungan dirinya maju sebagai bakal calon gubernur lewat jalur independen.


Muhidin menyatakan kepada pers Selasa, Rabu (10/6) ke KPU bersama pasangannya Gusti Farid Hasan Aman yang merupakan anggota DPD RI dua priode tersebut dengan menyerahkan sebanyak 400 ribu foto cofy Kartu tanda Penduduk (KTP) bukti dukungan masyarakat terhadap mereka maju pada Pilkada 2015 ini.

"Kita usahakan besok itu Rabu tepat pukul 10.00 WITA sampai di sana (KPU), supaya selaras," ujarnya.

Dia merasa yakin syarat dukungan yang mereka serahkan nantinya akan lolos verifikasi di KPU, hingga bisa mendaftarkan diri pada 26-28 Juli sebagai kandidat resmi yang meraih tiket kontestan bacagub dan bacawagub Kalsel pada Pilkada priode 2015-2020.

"Kita saja saat ini pasangan yang bisa memastikan maju di Pilkada tingkat provensi, yang lain kan karena mengharap dukungan partai politik, belum ada yang pasti," ucapnya.

Ketua KPU Kalsel Samahuddin Muharram menyatakan, sejak dibukanya pada 8 Juni hingga 15 Juni nanti belum ada satu pun bakal calon gubernur yang menempuh jalur perseorangan atau independen datang menyerahkan berkas syarat dukungan berupa foto cofy KTP warga lengkap dengan tandatangannya ke KPU.

Menurut dia, sesuai syarat jumlah penduduk di daerah ini yang hampir mencapai 3 juta jiwa, maka jumlah dukungan yang harus dikumpulkan bacagub dan bacawagub independen sekitar 8,5 persen, atau sekitar 327 ribu lembar foto cofy KTP warga.

"Verifikasi sahnya syarat dukungan yang diserahkan bacagub independen ini akan dilakukan KPU 100 persen kelapangan," ungkapnya.

Setelah memenuhi syarat, kata Samahuddin, maka pendaftaran sebagai calon gubernur pada Pilkada nanti bersamaan kandidat yang diusung partai politik, yakni, pada 26 Juni hingga 28 Juli nanti.

"Kita berharap Pilkada di daerah kita nantinya berjalan lancar dan demokratis sesuai keinginan bersama, dan ini harus menjadi perhatian semua calon, agar berkompetisi dengan adil dan sportif," pesannya.

Menurut dia, tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalsel priode 2015-2020 dilaksanakan pada 9 Desember ini, dan pesta demokrasi ini dilaksanakan melalui 13 tahapan yang di mulai dari perencanaan program dan anggaran serta evaluasi dan pelaporan.

  "Saat ini semua tahapan itu sudah mulai berjalan, kita yakin pesta demokrasi dia daerah kita ini akan berjalan lancar," ujarnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015