Sejumlah warga Desa Mamigang Kecamatan Halong mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Balangan sebanyak 10 unit rumah.

"Ada belasan unit program rehabilitasi rumah yang ditangani oleh Disperkim Balangan pada tahun ini," kata Kepala Bidang Kawasan Permukiman Disperkim Balangan Arsyad di Paringin, Senin.

Dia melanjutkan, adapun anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Balangan dengan rincian perunit Rp17,5 juta. Yang mana Rp2,5 juta diperuntukan sebagai upah tukang dan sisanya untuk pembelian bahan bangunan.

"Pembangunan rumah ini dari dana APBD dan sasarannya adalah masyarakat berpenghasilan rendah," terang Arsyad. 

Disperkim Balangan, sebutnya, berupaya agar warga dapat tinggal di rumah yang layak melalui program bedah rumah yang dilakukan.

Selain bersumber dari APBD, ujar Arsyad, ada pula program BSPS dari dana APBN, dimana Kabupaten Balangan mendapatkan bantuan sebanyak 100 unit.

Kepala Desa Mamigang Bagus Santoso, menerangkan warga yang mendapat bantuan merupakan masyarakat yang tidak mampu. Dimana rumah mereka juga dianggap tidak layak huni dan perlu perhatian lebih dari pemerintah. 

"Sebelumnya saya telah mengusulkan 25 KK untuk menerima bantuan rehabilitasi rumah. Namun yang lolos seleksi dan telah melewati tahap verifikasi hanya 10 KK. Sehingga hanya ada 10 unit bantuan rehabilitasi rumah yang diterima," bebernya. 

Dari program tersebut, terang Bagus, beberapa di antaranya sudah rampung pengerjaan. Ada pula yang sedang dalam tahap pembangunan dan ada yang akan dibangun. 

Melalui bantuan tersebut, Bagus berharap Desa Mamigang pun semakin maju dan berkembang. Terutama didukung dengan tempat tinggal warganya yang nyaman. 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021