Surabaya, (Antaranews Kalsel) - Maskapai penerbangan berbiaya hemat, AirAsia Indonesia mendukung pelaksanaan Surabaya Urban Culture Festival 2015 dengan mengemas permainan tradisional "Engklek" dalam konsep modern, sehingga menarik perhatian masyarakat Kota Pahlawan dan sekitarnya.


Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Andy Adrian Febriyanto, Senin menyatakan, Surabaya Urban Culture Festival adalah pesta rakyat yang mengambil tema "dolanan jadoel". Agenda yang diadakan tanggal 7 Juni 2015 di Jalan Tunjungan Surabaya itu bertujuan mengembalikan memori warga terhadap mainan-mainan tempo dulu.

"Apalagi perkembangan teknologi kian pesat dan masyarakat lebih mengenal permainan elektronik dan komputer dibandingkan permainan tradisional," ujarnya.

Melalui perhelatan itu, jelas dia, AirAsiaIndonesia ingin menunjukkan dukungan terhadap perkembangan pariwisata kota Surabaya.

"Saat ini Grup AirAsia melayani sebanyak lebih dari 101 penerbangan per minggu dari Surabaya ke berbagai destinasi domestik dan internasional. Seperti Jakarta, Bandung, Bali, Johor Bahru, Kuala Lumpur, dan Penang," katanya.

Ia menambahkan, di booth AirAsia Indonesia terdapat tiga permainan tradisional yang bisa diikuti masyarakat. Misalnya bermain "Engklek keliling Asia". Engklek adalah permainan yang biasanya dimainkan dengan batu dan tanah berdenah petak-petak.

"Kami melakukan modifikasi dengan memasukkan berbagai tujuan destinasi liburan, sehingga seolah-olah pengunjung bisa bermain engklek sambil menjelajahi Asia," katanya.

Selain engklek, kata dia, permainan "How Low Can You Go" yang menantang pesertanya untuk melewati rintangan tali yang rendah, mirip dengan filosofi AirAsia sebagai pionir low-cost carrier di Asia.

"Peserta yang mampu melewati rintangan berhak mendapatkan merchandise menarik dari kami," katanya.

Dari permainan itu, lanjut dia, maskapai tersebut berhasil menarik minat lebih dari 1.000 pengunjung untuk mencoba masing-masing permainan. Bagi pengunjung yang ingin menyimpan kenangan di Surabaya Urban Culture Festival 2015, pihaknya juga menyelenggarakan photo contest berhadiah tiket penerbangan ke Bali untuk dua orang.

"Caranya cukup mudah karena pengunjung hanya melakukan foto bersama dan mengunggahnya ke Twitter atau Instagram dengan hashtag #AirAsiaSUCF2015," katanya./e

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015