Selesai menjalankan tugas, 47 anggota pasukan pengebar bendera pusaka (Paskibraka) pada hari ulangan tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 di Kabupaten Tapin sekarang dikukuhkan menjadi duta pancasila 2021. 

Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor secara resmi mengukuhkan para pelajar sekolah sederajat SMA itu, dikatakannya ke depan mereka akan diwadahi oleh Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).

"Perlu diketahui bersama, bahwa duta pancasila ini tidak telah hanya bertugas sebagai pengibar bendera pusaka, nantinya mereka juga memiliki peran sebagai teladan dalam pengurus utamaan pancasila diberbagai aspek kehidupan masyarakat," terangnya, Rabu.

Membakar semangat para tunas bangsa itu, dia mengatakan bahwa tugas yang dijalankan mereka nantinya adalah tugas yang mulia untuk bangsa dan negara.

Dalam pidato, disebutkannya bahwa pelaksanaan tugas itu harus dengan rasa kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi, mengingat pancasila sebagai pedoman hidup warga negara Indonesia, maka harus ditanam, ditumbuhkan dan dirawat.

"Maka dari itu anak anak ku, kalian harus mampu menanamkan nilai-nilai pancasila pada diri kalian masing masing sebelum mengamalkannya kepada berbagai aspek kehidupan masyarakat kita yang ada di Kabupaten Tapin," ucapnya tegas dalam pidato.

Adanya duta pancasila itu dikatakan sebagai sejarah baru di Indonesia, dilantir dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

Menurut, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, penetapan sebagai purna paskibraka duta pancasila itu merupakan implementasi peraturan presiden nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program pasukan Paskibraka.

Selain itu juga dari peraturan BPIP nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka.

“Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 ini bisa menjadi pelopor yang bisa diteladani generasi muda, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya serta bisa merawat Pancasila di masa yang akan datang”, ucapnya. 
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021