PT. Tanjung Power Indonesia (TPI) merupakan anak perusahaan Adaro Energy yang mengoperasikan PLTU berbahan bakar batu bara di Tanjung-Tabalong, Provinsi  Kalimantan Selatan dan juga melaksanakan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

PT  TPI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kesejahteraan di berbagai bidang dengan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 Program CSR yang diberikan salah satunya adalah pendirian sebuah sekolah berbasis baca tulis Alqur’an yang sering disebut dengan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an).

 TPA ini didirikan pada tahun 2016 di musala Al-Ikhlas komplek ASABRI.

Sebelum adanya TPA ini, anak - anak ASABRI harus menempuh jarak sejauh 10  hingga 15 kilometer dan bahkan sebagian anak tidak mau masuk sekolah TPA karena terkendala oleh jarak tersebut.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Meskipun saat pandemi COVID-19 aktivitas di TPA sempat terhenti, namun kini mulai aktif kembali dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Saat ini terdapat  40 orang murid dan dua tenaga pengajar di TPA yang sudah terdaftar di BKPMRI Kabupaten Tabalong.

Maka secara kurikulum pendidikan sudah mengacu ke kurikulum BKPMRI dengan penentuan jadwal kegiatan sesuai standar berlaku.

Kebetadaan TPA ini sangat bermanfaat bagi warga karena pengetahuan dan skill anak-anak tentang agama, seperti baca tulis Alqur’an, ilmu salat dan doa terus meningkat sehingga bisa menumbuhkan karakter anak yang taat beragama sejak dini.

Manfaat tersebut juga dirasakan oleh Ustadz Fahmi, salah satu pengajar TPA.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT TPI dengan mendirikan sekolah TPA, dari awalnya tahun 2016 hanya sebanyak 25 orang sampai tahun 2021 ini muridnya sudah 40 orang” ungkapnya.

Program CSR dengan mendirikan sebuah TPA merupakan sebuah kerja nyata dari TPI untuk memberikan yang terbaik bagi warga sekitar operasionalnya.

Bahkan melalui program CSR ini dapat mempererat hubungan antara perusahaan dan warga sekitar.

 “Kami merasakan adanya hubungan baik antara  perusahaan dengan warga ASABRI, bahkan dengan adanya TPA anak - anak bisa berkesempatan sekolah dan mempelajari Alqur’an sejak dini dan ini yang menjawab kebutuhan dari orang tua di komplek ASABRI” tutur PIC CSR & ER Tanjung Power Indonesia, H.M.Salahudin Noor.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021