Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - XL Axiata memastikan jaringannya telah siap melayani pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri dengan aman.

Setiap tahun, dikedua moment penting umat Islam tersebut terjadi kenaikan trafik (aktifitas selular) yang signifikan disemua jenis layanan.

Presiden Direktur (CEO) XL Dian Siswarini mengatakan,"Kenaikan trafik tidak hanya terjadi di Jawa tetapi juga di berbagai wilayah lainnya. Karena itu kami melakukan uji jaringan (netrally) serentak di lima wilayah operasional untuk memastikan jaringan siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri hingga ke pelosok."

Untuk memastikan kesiapan jaringan dan layanan selama Ramadan dan Idul Fitri 1436 hijriah, XL menggelar uji jaringan (net rally) secara serentak di lima wilayah operasional di Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan pada Kamis (28/5).

Net rally filakykan untuk memastikan kualitas jaringan di beberapa wilayah operasional tersebut untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri 1436 hijriah.

Saat ini XL melayani trafik percakapan 470 juta perhari, sementara untuk SMS 525 juta dan data 500 terabytes setiap harinya.

Selama Ramadan dan Idul Fitri diperkirakan terjadi kenaikan di banding hari biasa seperti 5-10 persen untuk telepon, 10-15 persen pada SMS dan 20-30 persen di layanan data.

Kenaikan terbesar terjadi pada layanan data karena adanya perubahan perilaku pelanggan hingga ke pelosok yang semakin aktif menggunakan aplikasi internet seperti sosial media.

Uji jaringan dilakukan dilaksanakan XL Banjarmasin dengan metode melintasi jalur darat dan sungai dengan menggunakan alat ukur TERM dan perangkat komputer. Tehnis uji jaringan dengan kendaraan bergerak baik bus maupun perahu motor kelotok.

Jalur darat Banjarmasin - Martapura melintas jalan Ahmad Yani, dengan warna hijau pada monitor di sepanjang lintasan yang di lalui menunjukakan kekuatan sinyal, begitu juga saat melintas Sungai Martapura saat menggunakan kelotok.

Hasil uji jaringan menunjukan kesiapan XL melayani kebutuhan pelanggannya di Kalimantan Selatan selama Ramadan dan Idul Fitri mendatang.

Ramadan dan Idul Fitri juga identik dengan momentum pulang kampung. Selain menyiapkan jaringan sedemikian rupa agar perjalanan pulang kampung pelanggan tetap kualitas jaringan yang baik. Selain penambahan kapasitas, optimisasi jaringan dan uji jaringan, XL juga menyediakan fasilitas mobile BTS di 25 titik jalur mudik terutama di pulau Jawa dengan kepadatan arus mudiknya.

XL Axiata juga telah melakukan program transformasi jaringan untuk meningkatkan kualitas jaringan dengan target di tahun 2015 untuk sepuluh kota di Indonesia seperti Medan, Palembang, Serang, Pandeglang, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, Mataram, Banjarmasin dan Makassar.

Hasil dari transformasi jaringan ini bisa dirasakan langsung oleh pelanggan yaitu akses internet lebih cepat di luar ataupun di dalam ruangan. Dan akan ditingkatkan hingga mencapai 5 Mbps.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015