Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyebutkan, darah plasma golongan O paling banyak dicari saat ini oleh pasien COVID-19 untuk terapi kesembuhan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit di Banjarmasin, Sabtu, menyatakan, antrian permintaan darah plasma konvalesen sangat banyak saat ini, bahkan tembus rekor 237 kantong hari ini.

"Terbanyak itu untuk golongan darah O, yakni, sebanyak 111 kantong," ujarnya.

Sementara itu, tutur dia, untuk golongan darah A sebanyak 36 kantong, golongan darah B sebanyak 77 kantong dan golongan darah AB sebanyak 13 kantong.

"Kami berupaya memenuhi permintaan ini, moga dilancarkan," ujar dr Rama, panggilan akrabnya.

Sebagaimana disebutkannya sebelumnya, cara mendapatkan pendonor darah plasma ini dilakukan PMI Kota Banjarmasin dengan menghubungi orang-orang yang sudah sembuh dari COVID-19, selain itu menyebarkan pemberitahuan kebutuhan darah plasma ini melalui media sosial dengan membuat pesan berantai.

dr Rama pun menyatakan, orang yang pernah kena COVID-19 hingga bisa sembuh untuk menyumbangkan atau mendonorkan darahnya demi membantu pasein yang lainnya.

"Menurut WHO, terinveksi COVID-19, kemudian vaksinasi, boleh donor plasma, terkecuali habis vaksinasi, baru kena COVID-19, tidak boleh," terangnya.

Adapun ketentuan orang yang bisa mendonorkan darah plasma, yakni, usia di atas 18 tahun hingga 60 tahu, berat badan minimal 55 Kg, diutamakan laki-laki kalau perempuan yang tidak pernah hamil.

Selanjutnya, pernah terkonfirmasi positif COVID-19 dengan bukti hasil laboratorium, juga tidak memiliki gejala sisa minimal 14 hari sebelum donor dan tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir.

Sebagaimana diketahui, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin terus bertambah, bahkan pada hari ini dari data Dinkes Kalsel untuk Kota Banjarmasin ada tambahan meninggal dunia karena COVID-19 sebanyak 10 orang, hingga total yang meninggal karena COVID-19 di ibu kota provinsi ini sudah sebanyak 307 orang.

Sementara itu, untuk tambahan orang terpapar COVID-19 pada hari ini sebanyak 90 orang, hingga totalnya kini yang pernah terpapar COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 13.376 orang. Sedangkan yang sudah sembuh sebanyak 9.919 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021