Kepala Seksi Bina Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Mochamad Tahir mengatakan, sejak tahun 2018 hingga saat ini pos pelayanan teknologi (Posyantek) di Kabupaten Tanah Laut sudah terbentuk di 80 desa. 

"Hambatan pada pengembangan potensi desa di Kabupaten Tanah Laut  kini semakin mendapatkan pencerahan atas hadirnya Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek),"ujar Mochamad Tahir, Rabu (28/7).

Menurut dia, Posyantek  melayani pemecahan masalah para petani, peternak atau para pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di bawah binaan Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabah Laut dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek).

"Solusi yang hadir kebanyakannya adalah teknologi yang mempermudah produksi atau proses pengerjaan perkebunan,"terangnya.

Pos Pelayanan Teknologi di Kabupaten Tanah Laut saat ini sudah terbentuk di 80 desa, jelas dia, pada tahun 2023 ditargetkan terbentuk di 130 desa.

Sepanjang tahun 2021, papar Tahir  sudah ada 10 desa sudah mendirikan Posyantek dan langsung mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari DPMD Tanah Laut.

Setelah diberikan Bimtek sekaligus motivasi dari DPMD Tanah Laut, terang dia, terlihat perubahan dari semangat para pengurus Posyantek, terbukti dengan penghargaan diterima Tanah Laut sebagai juara kedua dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021, berupa Alat Sadap Pohon Karet dari Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung. 

Prestasi lainnya yang baru saja didapatkan Posyantek Langgeng Jaya dari Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, pspar dia, sebagai juara terbaik ketiga dalam lomba Posyantek Tingkat Kalimantan Selatan Tahun 2021.

Tidak hanya itu, tambahnya, kelima Posyantek juga telah berhasil membuat pesanan Teknologi Tepat Guna Cuci Tangan Pakai Sabun untuk fasilitas umum bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Industri Kabupaten Tanah Laut. 

"25 pesanan alat CTPS berhasil dibuat dari lima Posyantek yakni, Posyantek Desa Benua Tengah, Desa Durian Bungkuk, Desa Liang Anggang, Desa Bumi Jaya dan Desa Asam Jaya,"tandasnya.

Tahir berharap,  teknologi tepat guna dari Posyantek di Kabupaten Tanah Laut dapat berkembang karena dampak efisiensi produksi sangat membantu masyarakat desa.
Pos Pelayanan Teknologi di Kabupaten Tanah Laut meraih prestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021.Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021