PT Pos Indonesia wilayah Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 18.100 kepala keluarga yang tersebar di empat kabupaten.

Kepala Kantor Pos Amuntai, Haya Noryono di Amuntai, Rabu, mengatakan PT Pos Indonesia Wilayah Amuntai membawahi empat kabupaten yaitu Balangan, Hulu Sungai Tengah, Tabalong dan Hulu Sungai Utara.

Penyaluran bantuan sosial oleh PT Pos Indonesia ini, kata dia, menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat terkait penerapan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPPKM) termasuk di Kalimantan Selatan.

"PT Pos Indonesia diminta Kemensos menyalurkan BST bagi sekitar 18.100 KK di empat kabupaten," katanya.

Tahap pertama penyaluran, kata dia, dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang akan dibagikan kepada sekitar 5 ribu kepala keluarga lebih yang terdaftar sebagai penerima BST masing-masing Rp600 ribu.
Penyaluran bantuan sosial tunai dan bantuan sosial beras oleh PT Pos Indonesia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan. (Antaranews Kalsel/Istimewa)


Selain BST, PT Pos Indonesia juga menyalurkan bantuan sosial beras (BSB) sebanyak 10 kg beras dari Bulog, bagi setiap keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah terdata.

Khusus BSB jumlah penerima bantuan sekitar 54 ribu KPM, yang proses penyalurannya kerja sama dengan pemerintah kabupaten, dinas sosial, aparat kecamatan dan Desa.

"Kali ini, kami menyalurkan BST dan BSB untuk warga di dua kelurahan yaitu keluarga Murung Sari dan Kebun Sari disusul kelurahan dan desa lain dihari berikutnya," katanya.

Haya berharap, dalam beberapa hari kedepan proses bantuan sosial ini dapat secepatnya di salurkan seluruhnya.

"Ketika kita menerima data, kantor Pos siap menjalankan program pemerintah ini," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021