Kunjungan atau tour PS Barito Putera U18/U16 ke Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) baru-baru ini mendapat apresiasi dan menimbulkan kesan tersendiri bagi masyarakat setempat.

Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Tanah Bumbu (Tanbu) Muhammad Syaripuddin SE MAP yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel mengemukakan itu melalui WA-nya, Senin (26/7) sore.

Laki-laki yang akrab dengan sapaan Bang Dhin itu menerangkan, pada kegiatan tour PS Barito Putera U18/U16, Sabtu dan Ahad (17 - 18 Juli 2021) ke "Bumi Bersujud" Tanbu untuk menghadapi tim proyeksi Kejurprov dari kabupaten tersebut dan King Kong FC U17/U15, ada sesuatu yang spesial dan berkesan bagi masyarakat setempat.

Kesan tersebut baik secara umum dan khusus bagi Asosiasi PSSI Bumi Bersujud Tanbu yang diketuainya laki-laki kelahiran Tungkaran Pangeran Batulicin (260 kilometer tenggara Banjarmasin) 1979 atau 42 tahun lalu.

Bagaimana tidak, ungkapnya, delapan orang pemain yang dibawa PS. Barito Putera U18/U16 adalah pemain asli Bumi Bersujud Tanbu yang merupakan binaan Asosiasi PSSI kabupaten tersebut, yang notabene delapan orang pemain itu adalah kerangka tim utama kesebelasan Kejurprov Tanbu.

Delapan pesepakbola terbaik Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel) yang masuk PS Barito Putera U18/U16 yang merupakan tim kebanggaan masyarakat/pecinta sepakbola di provinsi tersebut. (Istimewa)

Dimana delapan orang pemain tersebut dua di antaranya berhasil terjaring pada kegiatan "Hasnur Media Center" (HMC) pada 2020 atas nama Krisma Aditya Ananda dan Baharudin dari King Kong FC.

Sementara lima orang pemain merupakan hasil pengamatan langsung dari Pelatih Barito Putera U16/U18, yaitu Coach Sofyan Morhan pada Final Piala Suratin U18 tahun 2020 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar saat Persepan Tanah Bumbu bertemu Peseban Banjarmasin.

Kelima pemain tersebut atas nama M. Sahrul, M. Taufik, Fito Atmajaya, Taufik Anwar dari SSB Rajawali serta M. Zulfadly Kasma dari Persegab, sedangkan satu orang pemain lagi adalah rekomendasi dari Askab PSSI Tanbu atas nama M. Said dari Persegab.

Keberadaan mereka sejak Agustus 2020 sampai berita ini diturunkan Juli 2021, sepenuhnya atau100 persen ditanggung  Bang Dhin selaku Ketua Askab PSSI Tanbu, khususnya dari pendanaan transportasi serta biaya hidup sehari-sehari.

Harapan ke depannya, semoga delapan orang pemain tersebut mampu memenuhi ekspektasi PS. Barito Putera, khususnya U18 untuk menerima kontrak dan berjibaku di Kompetisi Elit Pro 2021/2022 sebagai wakil Tanbu.

"Selain itu, kita berharap karier mereka terus berlanjut sampai level senior serta mampu mencuri perhatian dan mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Aamiin," demikian Bang Dhin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021