Ribuan pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah mendaftarkan dirinya di Kabupaten Balangan.

"Terhitung sejak Kamis (22/7) telah masuk sebanyak 3.065 pendaftar CPNS yang datanya sudah masuk ke kami, sementara untuk pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 325 pendaftar," beber Kepala Bidang Kepegawaian BKPPD Kabupaten Balangan Sumedi di Paringin, Jum'at.

Dia melanjutkan, verifikasi pendaftaran CPNS dan PPPK di Kabupaten Balangan sendiri telah pihaknya lakukan sejak hari pertama saat pendaftaran dibuka.

Sumedi mengatakan saat pendaftaran CPNS berlangsung, verifikasi juga dijalankam untuk mengejar penjadwalan pelaksanaan yang sudah ditentukan. Dimana dalam sehari, pihaknya hanya bisa memproses 50 pendaftar untuk diverifikasi.

Dengan jumlah yang ada tersebut, lanjut Sumedi, kemungkinan besar akan terus bertambah karena jadwal pendaftaran CPNS kembali diperpanjang hingga tanggal 26 Juli 2021.

"Adapun dari hasil verifikasi yang kami lakukan, 500 pendaftar sudah berhasil terverifikasi dan hasilnya banyak yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Kebanyakan faktor TMS itu karena pendaftar tidak memahami perihal berkas akreditasi," terangnya.

Maka dari itu, ujarnya, akreditasi yang digunakan seharusnya akreditasi saat tahun pendaftar lulus, bukan akreditasi pada tahun sekarang.

Diketahui, pada pendaftaran CPNS tahun ini, BKPPD Kabupaten Balangan telah membuka 137 formasi. Sementara PPPK lebih banyak, karena akan mengisi jabatan fungsional guru yang jumlahnya mencapai 420 formasi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021