Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membagikan masker kepada masyarakat yaang tinggal di Kecamatan Simpang Empat secara gratis.

"Pembagian masker tersebut dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 diwilayah tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H. setia Budi di Batulicin, Senin.

Dia mengatakan, pada kegiatan tersebut petugas juga mendatangi tempat keramaian untuk memberikan edukasi serta membagikan masker.

Petugas juga menyasar pengendara yang tidak memakai masker, serta kegiatan keagamaan untuk selalu diingatkan pentingnya prokes.

Sejauh ini, Tanah Bumbuu belum ada laporan tentang masuknya COVID-19 varian baru. Namun sebelum terjadi semua harus terus waspada.

"Upaya dan strategi penanganan saat ini pihak Dinkes gencar melakukan pemeriksaan guna mempermudah penemuan kasus baru melalui tracing berupa rapid tes antigen ke 12 kecamatan dan 14 Puskesmas,' katanya.

Selain itu, upaya yang akan dilakukan yaitu penggalakan pembagian masker, mengontrol lokasi tempat kerumunan, pasar, angkringan, tempat hiburan dan sebagainya. Dimana itu memungkinkan untuk memicu Covid ini menyebar.

Hal yang terpenting guna menekan tingkat penyebaran Covid di Tanah Bumbu yakni pembagian masker termasuk pembagian selebaran dan baliho agar masyarakat lebih mematuhi protokol kesehatan.

"Tugas penanganan COVID-19 adalah tugas kita bersama, minimal kita melindungi diri agar orang lain juga terlindungi dengan cara mematuhi aturan protokol kesehatan yang ada," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021