Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, tahun ini mendapat bantuan program Pengadaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahap II oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Kepala Bappeda Tabalong, Erwan, di Tanjung, Minggu, mengatakan Pamsimas tahap II yang didanai dari APBN 2015 itu akan dilaksanakan di delapan desa berupa pemberian Bantuan Langsung Masyarakat (BLM).

"Surat keputusan penetapan desa atau lokasi Pamsimas II sudah dikeluarkan Direktur Jenderal Cipta Karya dan Pemkab Tabalong di delapan desa sasaran pogram," jelas Erwan.

Delapan desa yang ditetapkan sebagai lokasi Pamsimas II tersebar di Kecamatan Tanjung, Banua Lawas, Muara Uya, Bintang Ara, Upau dan Muara Harus.

Masing-masing Desa Kambitin, Desa Bangkiling, Desa Batang Banyu, Desa Madang, Desa Masingai II, Desa Hapalah, Desa Kupang Nunding dan Desa Burum.

Dari delapan desa lokasi Pamsimas II di Tabalong yang bersumber dari APBN 2015 ini, tercatat sebanyak 5.804 jiwa atau target sasaran penerima manfaat.

Target penerima manfaat program penyediaan air bersih dan sanitasi ini terbanyak di Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Harus yakni 1.045 jiwa dan Desa Masingai II Kecamatan Upau sebanyak 1.035 jiwa.

"Seperti tahun sebelumnya sasaran program Pamsimas ini yakni wilayah dengan akses atau tingkat pengguna air bersih yang masih kurang termasuk pengguna jambannya," tambah Erwan.

Di Kalsel sendiri program Pamsimas II akan dilaksanakan di 41 desa tersebar di Kabupaten Tabalong, Tapin, Kotabaru, Barito Kuala, Tanah Laut, Banjar dan Hulu Sungai Utara.

Dengan total alokasi dana dari APBN 2015 sebesar Rp9 miliar dan sebanyak 24.670 jiwa yang menjadi target sasaran penerima manfaat program, tambahnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015