Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan pemeriksaan tempat peternakan sapi dan kambing untuk memastikan ketersediaan hewan korban mencukupi dalam menyambut perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor, di Kandangan, Rabu (14/7), mengatakan sebanyak 423 ekor sapi dari 16 peternak yang ada di Kecamatan Kandangan, Sungai Raya, Padang Batung, Telaga Langsat, dan Simpur sudah tersedia.

"Kalau kita perkirakan, potensi ketersediaan di wilayah distribusi Kandangan sekitar 517 ekor sapi, Dengan demikian, persediaan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah di Kabupaten HSS dipastikan telah tercukupi," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, pemeriksaan persedian dilakukan pihaknya bersama petugas kesehatan hewan, Kabag Perekonomian Pembangunan dan Administrasi Pembangunan HSS Eko Harjidi Putra ke peternakan sapi milik Joko, di Kelurahan Kandangan Barat, Nurdiah di Amawang Kiri, dan peternak kambing milik Ahmad Aqiqah di Kecamatan Simpur.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di bagian luar (antemortem) ke sejumlah sapi dan kambing milik warga, dan hasilnya tidak ditemukan adanya penyakit yang dapat membahayakan kesehatan, sehingga hewan kurban dipastikan aman untuk dikonsumsi.

Saat pelaksanaan kurban nanti, Dinas Pertanian HSS juga menunjuk sejumlah petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap organ dalam hewan kurban (post mortem), pihaknya menyediakan rumah potong hewan di Desa Baluti, Kecamatan Kandangan bagi masyarakat dengan kapasitas lima ekor dalam satu kali potong.

"Sudah ada sekitar 15 ekor sapi dan dua ekor kambing yang terdaftar, ini kita lakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 dalam pelaksanaan kurban nanti, serta dalam waktu dekat juga akan mensosialisasikan bagaimana pelaksanaan kurban di tengah pandemi kepada masyarakat" katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021