Amuntai,  (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan genap berusia 63 tahun pada 1 Mei 2015. Hari jadi ini diperingati secara sederhana di Lapangan Pahlawan Amuntai Senin.

    
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel)  H Rudy Resnawan bersama Isteri Hj Rusdiawati berhadir bersama tamu undangan lain terdiri Anggota DPR RI, Hendro Hendarto dan Syaifullah Tamliha, Anggota DPD RI H Abdul Hamid Abdullah Hj Antung Fatmawati.
    
Diantara undangan juga hadir Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, mantan Bupati Hulu Sungai Utara H Aunul Hadi Idehan Khalid, mantan Wakil Bupati HM Welny dan H Syahdillah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Faturrahman, para pengusaha, perwakilan bupati/ walikota se Kalsel  serta undangan lainnya.
     
Meski pada Senin pagi wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara sempat diguyur hujan, namun jajaran Pemda, undangan, pelajar dan masyaakat tetap bersemangat menggelar peringatan Hari Jadi di Lapangan Pahlawan Amuntai.
    
Seluruh kepala desa se Kabupaten Hulu Sungai Utara  hadir mengenakan jas putih, sementara  undangan mengenakan kain sasirangan dan batik. Diantara undangan juga hadir empat orang pemain Barito Putra yang diagendakan melakukan laga persabatan dan coaching clinic memeriahkan Hari Jadi.
    
Acara diawali suguhan tari kreasi Ma'anyam purun yang dibawakan para pelajar yang tergabung dalam Sanggar AIR dilanjutkan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Hulu Sungai Utara oleh Ketua DPRD Sahrujani.
    
Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid dalam sambutannya  menyampaikan terima kasih atas peran berbagai pihak dalam pembangunan didaerahnya.
    
"Meski berbagai prestasi dan kemajuan kita torehkan, namun tantangan kedepan membutuhkan kebersamaan, kerukunan dan kerja sama antar berbagai elemen pemerintah dan masyarakat," kata Wahid.
    
Wahid berharap sesuai tema Hari Jadi Hulu Sungai Utara ke 63 yakni  'Masyarakat Rakat, Pembangunan Meningkat, Banua Berberkat', maka kerukunan dan kebersamaan menjadi modal utama menjalankan roda pembangunan.
   
Bupati lantas memaparkan beberapa prestasi yang diraih seperti penghargaan Otonomi Award dari JPIP area Kalsel, berjalannya program pencegahan anak putus sekolah, program kartu sehat amuntai sebagai pelopor di Kalsel, bidang sosial kemasyarakat berupa bantuan korban musibah, program mina politan, bidang kerajinan purun eceng mendapat penghargaan adi karya pangan nusantara, prestasi di bidang olahraga dan lainnya.
    
Wahid bertekad akan melanjutkan Program Rawa Makmur dengan mengembangan potensi yang dimiliki didukung kerjasama dan kekompakan berbagai elemen pemerintah dan masyarakat.
   
 Sementara Wakil Gubernur (Wagub)Kalsel H Rudi Resnawan yang juga merupakan putra asli daerah Hulu Sungai Utara mengharapkan agar berbagai pembangunan fisik mengarah pada tujuan peningkatan Sumber Daya Manusia.
   
"Fokus kita adalah pembangunan SDM, agar pembangunan sarana, prasarana dan infrastruktur serta kegiatan pembangunan lainnya bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia," kata Rudy.
    
Mengenakan jas resmi warna putih, Wagub yang mengakhiri jabatannya 8 Agustus nanti ini menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke 63 bagi pemerintah dan masyarakat setempat seraya berharap pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Utara bergerak semakin maju.
    
"Khususnya kita ingin melihat Hulu Sungai Utara kembali berjaya mengembangan potensi yang dimiliki masyarakat seperti sektor kerajinan anyaman," katanya.
    
Ia juga berharap Pemerintah dan Masyarakat HSU terus mengenang jasa dan pengorbanan para pejuang dan pendiri serta para pemimpin daerah yang sudah membangun Kabupaten HSU dan mengisinya dengan pembangunan
    
Rudy yang kembali maju sebagai calon incumbent pada Pilgub Kalsel ini  berharap momentom peringatan harjad bisa meneguhkan tekad dan semangat pemerintah dan masyarakat HSU membangun daerahnya.

Peringatan hari jadi ke 63 Kabupaten Hulu Sungai Utara juga ditandai penandatanganan sejumlah proyek pembangunan oleh Wagub Rudy Resnawan.


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015