Pohon kelapa yang tumbang diduga karena ditiup angin kencang mengakibatkan satu rumah warga rusak parah di Desa Tanah Habang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan.

Kepala BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love, di Paringin Jumat, menjelaskan kejadian pohon tumbang tersebut terjadi pada pukul setengah enam pagi waktu setempat yang membuat warga setempat geger karena menimpa rumah salah satu warga.

"Rumah itu diketahui ialah milik Samlan (56) yang tinggal sendiri di bangunan itu. Dia terpaksa harus mengalami kerugian rusaknya rumah pada bagian dapur dan bagian sisi lain. Namun beruntung bangunan itu masih bisa ia tinggali," jelas Alive.

Dia melanjutkan, setengah daripada bangunan rumah milik Samlan kini tak lagi bisa ditempati. Bagian atap bangunan pun mengalami kerusakan yang cukup parah.

Maka dari itu, ucap Alive, kami langsung mengerahkan TRC BPBD Kabupaten Balangan mendatangi rumah warga Desa Tanah Habang Kanan tersebut. Kami membawakan sejumlah bantuan yang diharapkan mampu meringankan beban Samlan.

"Anggota TRC BPBD Balangan mendatangi rumah Samlan untuk menyerahkan bantuan logistik. Kami harap sedikit bantuan yang diberikan dapat meringankan bebannya," ucapnya.

Lebih lanjut, terang Alive, bantuan yang diberikan berupa beras, air mineral, gula, susu, mie dan kebutuhan lainnya. Sehingga Samlan pun bisa memanfaatkan bahan makanan tersebut untuk beberapa hari ke depan.

Diketahui, rumah Samlan terbuat dari kayu dan bangunannya juga nampak menua. Tumbangnya pohon kelapa akibat angin kencang pun lantas merusak sebagian rumah yang ditinggalinya seorang diri tersebut.

Terakhir, kata Alive, TRC BPBD Balangan juga langsung melakukan pertolongan pertama dengan membersihkan pohon yang jatuh ke rumah. Selain itu juga memotong pohon yang miring yang mengarah ke jalan raya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021