Amuntai, (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, melanjutkan kembali Program Rawa Makmur dengan mengembangan potensi lokal yang dimiliki.

Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid pada peringatan Hari Jadi Hulu Sungai Utara ke 63 di Amuntai, Senin mengatakan, untuk mewujudkan Program Rawa Makmur tersebut, perlu dukungan dan kekompakan semua elemen masyarakat.

"Sesuai tema Hari Jadi Hulu Sungai Utara `Masyarakat Rakat, Pembangunan Meningkat, Banua Berberkat`, maka kerukunan dan kebersamaan menjadi modal utama menjalankan roda pembangunan," kata Wahid dalam siaran pers.

Wahid memaparkan beberapa prestasi yang telah diraih seperti penghargaan Otonomi Award dari JPIP area Kalsel, berjalannya program pencegahan anak putus sekolah, program kartu sehat Amuntai sebagai pelopor di Kalsel.

Bidang sosial kemasyarakat berupa bantuan korban musibah, program mina politan, bidang kerajinan purun eceng mendapat penghargaan adi karya pangan nusantara, prestasi di bidang olah raga dan lainnya.

Wakil Gubernur Kalsel H Rudi Resnawan yang juga merupakan putra asli daerah Hulu Sungai Utara mengharapkan agar berbagai pembangunan fisik mengarah pada tujuan peningkatan Sumber Daya Manusia.

"Fokus kita adalah pembangunan SDM, agar pembangunan sarana, prasarana dan infrastruktur serta kegiatan pembangunan lainnya bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia," kata Rudy.

Wagub yang mengakhiri jabatannya 8 Agustus 2015 menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke 63 bagi pemerintah dan masyarakat setempat seraya berharap pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Utara bergerak semakin maju.

"Khususnya kita ingin melihat Hulu Sungai Utara kembali berjaya mengembangan potensi yang dimiliki masyarakat seperti sektor kerajinan anyaman," katanya.

Ia juga berharap pemerintah dan masyarakat Hulu Sungai Utara terus mengenang jasa dan pengorbanan para pejuang dan pendiri serta para pemimpin daerah yang sudah membangun Kabupaten Hulu Sungai Utara dan mengisinya dengan pembangunan.

Rudy yang kembali maju sebagai calon incumbent pada Pilgub Kalsel ini berharap momentom peringatan harjad bisa meneguhkan tekad dan semangat pemerintah dan masyarakat Hulu Sungai Utara membangun daerahnya.

Peringatan hari jadi ke 63 Kabupaten Hulu Sungai Utara juga ditandai penandatanganan sejumlah proyek pembangunan oleh Wagub Rudy Resnawan.

Bupati Abdul Wahid juga penyerahan bantuan sebanyak 115 unit sepeda motor bagi para guru di HSU dan bantuan kendaraan roda tiga merk Tossa untuk petugas kebersihan.

Seiring Harjad juga digelar pameran pembangunan 3-9 mei di Jalan Basuki Rahmat yang menampilkan berbagai program, hasil pembangunan dan produk unggulan dari berbagai instansi dan kecamatan.

Berbagai kegiatan lomba olahraga telah digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Harjad Hulu Sungai Utara seperti lomba diantaranya tenis meja, basket, volly, catur dan sepak bola.

Sementara itu, Hari Jadi Hulu Sungai Utara ke 63 dihadiri anggota DPR RI, Hendro Hendarto dan Syaifullah Tamliha, Anggota DPD RI H Abdul Hamid Abdullah Hj Antung Fatmawati.

Di antara undangan juga hadir Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, mantan Bupati Hulu Sungai Utara H Aunul Hadi Idehan Khalid, mantan Wakil Bupati HM Welny dan H Syahdillah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Faturrahman, para pengusaha, perwakilan bupati/ walikota se Kalsel serta undangan lainnya.

Pewarta: Edy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015