Bupati Banjar Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati Idrus Said Al Habsyie meluncurkan kartu kendali LPG 3 kilogram bersubsidi yang akan disalurkan kepada warga kurang mampu di kabupaten setempat. 

Peluncuran kartu dilakukan simbolis di Aula Kantor Disperindag Kabupaten Banjar, Martapura, Senin dan khusus diketahui program se Kalsel tersebut bertujuan agar pendistribusian LPG ke masyarakat lebih tepat sasaran.

Kriteria penerima kartu kendali LPG 3 kg bersubsidi pada penghasilan di bawah Rp1,5bjuta per bulan dan pilot project kartu kendali di Kabupaten Banjar dilaksanakan pada tujuh Kelurahan di Kecamatan Martapura.
 
"Kami berharap, melalui kartu kendali ini selain tepat sasaran kepada setiap masyarakat kurang mampu juga tepat menyasar seluruh kawasan sehingga tidak terjadi lagi kelangkaan maupun lonjakan harga," ujar bupati. 

Kadis Perindag Banjar I Gusti Made Suryawati mengatakan, pilot project kartu kendali LPG 3 kg bersubsidi dilakukan di tujuh kelurahan dengan periode kartu kendali dari bulan Juli 2021 hingga Juni 2022.
 
"Rinciannya, Kelurahan Keraton 74 kartu kendali, dan kelurahan Jawa, Sekumpul, Pasayangan, Murung Keraton, Sei Paring, Tanjung Rema masing-masing 71 kartu dengan total 500 kartu kendali," sebutnya. 

Dikatakan, pihaknya bersama Dinas Sosial akan berkoordinasi dalam upaya mewujudkan program kartu kendali LPG 3 kilogram yang akan diberikan kepada masyarakat seluruh desa dan kelurahan di kabupaten itu. 

"Kami masih mensinkronkan jumlah penerima kartu kendali sesuai data tahun 2020 terdapat 15.120 penduduk miskin dan 67.258 usaha mikro dan nelayan, jadi total sekitar 72.298 kartu kendali diterbitkan," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021