Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan dana sebesar Rp10 miliar kepada pemerintah pusat untuk merevitalisasi pasar.

Kepala Dinas Perdagangan, Penanaman Modal dan Pengelolaan Pasar Kotabaru, Mahyudiansyah di Kotabaru, Minggu, mengatakan, usulan Kotabaru untuk mendapatkan dana revitalisasi pasar tersebut sudah ada "lampu hijau".

"Insya Allah usulan tersebut disetujui oleh pemerintah pusat," paparnya.

Tinggal pemerintah daerah pada APBD perubahan nanti harus menyediakan dana untuk perencanaan, studi kelayakan pembangunan pasar dan untuk membuat Detail Engineering Design (DED)," katanya.

Menurut dia, apabila sudah ada DED-nya, tidak menutup kemungkinan APBN 2016 dana Rp10 miliar yang diusulkan tersebut turun, dan pembangunan pasar bisa langsung direalisasikan.

Sesuai rencana awal, dana tersebut akan digunakan untuk membangun Pasar Kemakmuran yang lebih representatif.

Dia menambahkan, APBD Kotabaru 2015 pemerintah daerah mendapatkan alokasi dana dari pusat sebesar Rp1,9 miliar.

Dana tersebut akan dipergunakan untuk membangun dua pasar, yakni di Sengayam, Pamuykan Barat dan Kelumpang Utara.

Bupati Kotabaru, Irhami Ridjani mendorong Dinas Perdagangan Penanaman Modal dan Pengelolaan Pasar lebih giat lagi untuk mendapatkan dana dari pusat untuk merevitalisasi pasar di Kotabaru.

"Apabila sudah ada tanda-tanda usulan disetujui, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait harus segera menindaklanjuti dan mengawal agar tidak lepas lagi," ujarnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015