Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat.

Ia mengatakan,  korban kebakaran diharapkan bisa lapang dada, selalu sabar dan bisa memaknai dalam menerima cobaan yang diberikan Allah SWT. Dan jangan melihat nominal dari bantuan yang diberikan.

"Paling tidak ini adalah upaya pemerintah daerah dalam meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah," katanya, dalam keterangan, Selasa.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan untuk korban kebakaran di Telaga Bidadari

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad mengatakan, kepada korban untuk tetap terus bersemangat menatap kedepan dan dapat bersabar menerima ujian ini.

Musibah kebakaran ini dijadikan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, karena kadang dari hal yang disepelekan jika tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan hal yang fatal.

Diketahui sebelumnya terjadi Musibah kebakaran rumah di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat, menghanguskan habis satu buah rumah milik Asmuni selaku Kepala Keluarga yang dihuni tiga orang, terjadi pada Sabtu (19/6) sekitar pukul 11.15 Wita.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai untuk perbaikan rumah dari Dinas Sosial HSS, dan juga dokumen kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian dari Pemkab HSS.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan korban kebakaran di Bajayau

Terhada warganya yang mengalami musibah kebakaran, juga menjadi kebiasaan Bupati HSS selalu hadir untuk memberikan bantuan langsung, apabila ada warganya yang mengalami musibah.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah mengatakan bahwa dari Dinas Sosial menyalurkan bantuan tanggap darurat, bantuan darurat itu disalurkan beberapa jam setelah kebakaran berupa kebutuhan pokok yang memang diperlukan segera oleh korban.

"Setelah itu Satpol PP dan Damkar meninjau ke lokasi menghitung kerugiannya dan mengeluarkan rekomendasi disampaikan kepada kami untuk kami usulkan ke Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah. Rekomendasi tersebut akhirnya sudah bisa disalurkan. Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan korban yang terkena musibah," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021