Martapura, (Antaranews Kalsel) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dekranasda Kabupaten Banjar untuk membangun kerjasama dan berbagi pengalaman sebagai pelaku usaha kerajinan bagi kedua kabupaten tersebut.

Kabupaten Banjar sebagai destinasi wisata di Kalimantan Selatan, menarik minat setiap orang maupun instansi pemerintahan untuk mengunjunginya, termasuk Dekranasda Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat yang melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dekranasda Kabupaten Banjar, Kamis (16/4).
 
Kunjungan dipimpin oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Garut Hj Diah Rudy Gunawan, beserta rombongan dari unsur kepala SKPD terkai tersebut, disambut hangat oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Drs. H.M Ramlan di Ruang Kerja Bupati Banjar.
 
Diah Rudy Gunawan mengatakan, kunjungan yang dilakukannya bertujuan untuk membangun kerjasama dan meningkatkan sinergisitas para pelaku usaha kerajinan di Kabupaten Garut dengan Dekranasda Kabupaten Banjar.
 
"Membangun kerjasama dengan cara sharing dan berbagi pengalaman dalam membangun hubungan silahturahmi," katanya.
 
Selain itu, melalui kunjungan tersebut diharapkan pula dapat menumbuhkan ide dalam mempromosikan potensi dan keunggulan produk-produk kerajinan.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar H.M Ramlan menyampaikan sambutan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Pemkab Garut untuk berbagi pengalaman dalam meningkatkan promosi usaha kerajinan tangan.
 
"Moment ini sangat tepat dilakukan guna mempromosikan ikon kerajinan di daerah masing-masing, dengan sharing dan berbagi pengalaman," tandasnya.
 
Ia mengungkapkan, ada delapan produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Banjar, yang semuanya merupakan prioritas untuk peningkatan dan penyerapan tenaga kerja, yaitu kain sasirangan, batu permata dan Batu mulia, kerajinan emas dan perak, alat musik terbang, sulam bordir, sulam air guci, serta manik-manik.
 
Dengan kunjungan yang dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten Garut dapat menambah ilmu dan pengalaman tersendiri bagi Dekranasda Kabupaten Banjar dalam mempromosikan hasil kerajinan harap H.M Ramlan./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015