Barabai, (Antaranews Kalsel) - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus mampu mengawal jalannya pembangunan desa sebagaimana program yang telah ditetapkan, terutama dalam memanfaatkan dana desa yang berasal dari APBN.

 Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid saat meresmikan anggota BPD se kecamatan Hantakan, Kamis (9/4),  di halaman Kantor Kecamatan Hantakan mengatakan, BPD merupakan  badan yang  memiliki wewenang dalam membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa.

Sehingga seluruh anggota BPD diharapkan mampu melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa,.

"Hendaknya anggota BPD yang dipilih memiliki kualitas dan pengetahuan yang luas, agar peran fungsi dari BPD dapat membantu jalannya roda pemerintahan di desanya bersama Kepala Desa (Pembakal)," katanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Murakata ini juga menuturkan bahwa peran dari BPD juga mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, membentuk panitia pemilihan Kepala Desa serta menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"Untuk itu, sangatlah diperlukan pengurus BPD yang dapat membantu tugas pembakal dalam pembangunan desa, sehingga segala peraturan dan program pembangunan di desa dapat berjalan dengan sebaik mungkin," katanya.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa Kabupaten HST juga berkomitmen untuk terus meningkatkan SDM melalui bidang pendidikan demi menciptakan generasi yang berkualitas dan berdaya saing.

 "Dengan SDM yang baik dan berkualitas, tentunya daerah kita nantinya bisa lebih baik lagi dan mampu bersaing dengan daerah lain. SDm yang baik juga menuntun kearah kesejahteraan suatu daerah," tambahnya.

 Untuk itu, terangnya, kalau melihat beban tugas anggota  BPD sesuai ketentuan perundang-undangan ini, sungguh merupakan tugas yang tidak ringan.

"Namun kita semua harus tetap optimis dan  berkeyakinan penuh bahwa segala sesuatu yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa, akan berjalan lancar apabila anggota BPD, pembakal dan aparat desa dapat bersinergi dengan baik," terangnya.

Turut berhadir para asisten, para kepala SKPD, unsur muspika, para camat se HST, para pembakal se kecamatan Hantakan, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015