Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Empat sekolah kejuruan negeri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyelenggarakan ujian nasional 2015 berbasis komputer atau "computer-based test" (CBT).

Salah satu SMKN yang melaksanakan UN CBT di hari pertama UN, Senin ini adalah SMK 2 Banjarmasin di Jalan Brigjen Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin Utara dengan 263 siswa.

Di SMK 2 pada berlangsungnya UN pukul 08.00 WITA hingga 10.00 WITA, berjalan sangat tenang.

Menurut Kepala SMKN 2 Banjarmasin Al Munawar, sekolahnya melangsungkan UN CBT dengan tiga sesi, yakni, sesi pertama pukul 08.00 Witahingga 10.00 Wita kedua pukul 10.30 Wita hingga 12.30 Wita dan sesi ketiga pukul 13.00 Wita hingga 15.00 Wita.

"Pada sesi pertama yang berlangsung sekarang ini 100 persen siswa kita hadir atau mengikuti UN," ujarnya.

Menurut dia, ketika 60 siswa mengikuti UN pada sesi pertama ini, dan para siswa yang lainnya sudah menunggu giliran. Dari 263 siswa, semua menyatakan ikut ujian..

Diungkapkan Al Munawar, bahwa sekolahnya menyediakan lebih 100 laptop pada kegiatan UN sistem CBT ini, dan tiga server.

"Sejauh ini tidak ada laporan kendala, jaringan internet berjalan lancar, dan semua komputer berfungsi baik," ujarnya.

Pihaknya pun, mengantisipasi keadaan darurat tenaga listrik dengan meminjam genset PT PLN yang dayanya 16 ribu watt.

"Permohonan kita meminjam genset sebagai jaga-jaga terjadinya listrik padam diterima PT PLN," paparnya.

Menurut dia, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin beserta jajarannya masing-masing sudah melakukan pemantauan ke sekolahnya.

"Pelaksanaan UN di sekolah kami juga dipantau CCTV," tuturnya.

Selain SMK 2 Banjarmasin, tiga SMK di Ibu Kota Kalsel ini juga melaksanakan UN berbasis komputer, yakni, SMKN 1 Banjarmasin di Jalan Mulawarman, Banjarmasin Tengah, SMKN 3 di Jalan Pramuka Banjarmasin Timur, dan SMKN 4 Banjarmasin di Jalan Brigjen Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarman Utara.

Sedangkan sekiolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di Kota Seribu Sungai ini tidak ada satupun yang melaksanakan UN sistem CBT.

Dari data Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, siswa tingkat SMA sederajat yang mengikuti UN tahun 2015 ini sebanyak 8.377 siswa. Dengan rincian SMAN sebanyak 2.596 siswa dan SMA Swasta sebanyak 987 siswa.

Selanjutnya, tingkat MA Negeri sebanyak 790 siswa dan MA Swasta 174 orang, SMK Negeri sebanyak 2.204 siswa dan SMK Swasta 1.615 siswa, SMLB 11 siswa.

Kepala Disdik Kota Banjarmasin Murlan mengatakan sebanyak 272 buah ruang kelas SMA dan MA dan sebanyak 206 ruang kelas SMK dipakai pelaksanaan UN tahun ini.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015