Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan H Rahmi meninjau langsung pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) di Sekolah Dasar Negeri 1 Paringin.

H Rahmi mengungkapkan, bahwa sejak tanggal 14 Juni hingga 19 Juni mendatang berlangsungnya ulangan kenaikan kelas tingkat sekolah dasar di Kabupaten Balangan.

"Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan melakukan pengawasan pada saat ulangan berlangsung di tengah pandemi COVID-19," ungkapnya usai meninjau UKK di SDN Paringin 1, Rabu.

Dari hasil peninjauan, terang Rahmi, penerapan Prokes menjadi perhatian khusus pada pelaksanaan ulangan tatap muka di SDN Paringin 1 dan sekolah sudah taat dengan aturan. Bahkan, selain sekedar menyusun meja dan kursi secara berjarak, juga disediakan tempat pencucian tangan serta didukung pula dengan kewajiban menggunakan masker.

Selain itu, ulangan tatap muka sangat memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Dari kurang lebih 250 siswa yang mengikuti ulangan, terdiri dari kelas satu hingga kelas lima dan mereka dibagi menjadi 10 Rombel. Adapun ruang kelas yang digunakan sebanyak 10 ruangan. 

"Proses pelaksanaan untuk protokol kesehatan bisa dikatakan aman. Para siswa menggunakan masker, ada tempat cuci tangan dan siswa pun diwajibkan jaga jarak," ucap Rahmi.

Sebagaimana diketahui, pada pandemi COVID-19 sekolah di Kabupaten Balangan melaksanakan pembelajaran sistem online dan saat ulangan akhir semester berlangsung tatap muka pun diterapkan, tentunya ini juga tergantung bagaimana kebijakan sekolah dan atas persetujuan orang tua.

Rahmi menyebutkan, ulangan yang diselenggarakan seharusnya menggunakan sistem daring. Namun ada kebijakan tersendiri bagi sekolah untuk teknis pelaksanaannya. Terlebih, mengingat sangat dibutuhkannya mengenal bagaimana kemampuan akademik para siswa.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021