Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan Sri Huriyati Hadi mengatakan pada peringatan Hari Kartini bahwa semangat Kartini harus tetap bersemayam dihati semua masyarakat Indonesia khususnya para perempuan yang ada di Kabupaten Balangan.

"Melalui peringatan Hari Kartini ini, para perempuan khususnya di Kabupaten Balangan kiranya dapat memaknai dengan baik dan tulus atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh Raden Ajeng Kartini," tuturnya usai memperingati Hari Kartini tahun 2021.

Dia mengajak kepada seluruh kaum perempuan khususnya di Balangan harus menanamkan semangat Raden Ajeng Kartini kepada generasi muda, jangan pantang menyerah untuk terus bekerja dan tumbuhkan kreativitas bagi bangsa, negara dan kabupaten kita.

Selain itu, dia berharap agar kaum perempuan dapat terus meningkatkan kualitas diri sehingga dapat bersaing dengan kaum laki-laki sepanjang tidak melebihi kodratnya sebagai perempuan.

Ketua TP PKK Balangan dengan para juara lomba (Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Balangan Noor Aspariah menambahkan, dengan memperingati hari perjuangan dari RA Kartini adalah salah satu upaya untuk memajukan perempuan Indonesia melalui emansipasi wanita, dan terbukti banyaknya tokoh-tokoh perempuan yang berprestasi.

"Tentunya generasi muda sebagai generasi penerus harus kita bekali, kemudian bagaimana agar Kabupaten Balangan juga bisa sejajar dengan kabupaten lain khususnya peranan wanita baik di legislatif maupun eksekutif," pungkasnya.

Diketahui, pada peringatan Hari Kartini ini juga diisi dengan serangkaian kegiatan mulai dari lomba baca puisi dan line dance dari anggota TP PKK kecamatan. 

Adapun untuk lomba baca puisi juara satu diraih oleh Kecamatan Awayan, juara dua Paringin Selatan, dan juara ketiga Tebing Tinggi, sedangkan untuk lomba line dance juara satu diraih oleh Kecamatan Lampihong, juara kedua Halong dan juara ketiga Batumandi.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021