Jajaran TNI lingkup Komando Distrik Militer (Kodim) 1006/Banjar mengelar Karya Bakti Sosial membantu korban angin puting beliung yang merusak puluhan rumah di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat.

Karya bakti sosial yang diikuti puluhan personel Kodim 1006/Banjar dipimpin langsung Dandim Letkol Inf Imam Muchtarom yang bergerak sejak Sabtu (12/6) hingga Ahad membantu warga yang terkena musibah itu. 

"Personel diturunkan sejak Sabtu membantu pemasangan tenda dan pembuatan dapur umum kemudian Ahad hari ini, anggota juga membantu warga memperbaiki rumah mereka yang rusak," ujar Dandim.

Menurut dandim, melalui aksi peduli bencana alam Karya Bakti Sosial TNI diturunkan personel Babinsa Kodim 1006/Banjar membantu perbaikan dan membersihkan puing-puing kayu dan seng yang berserakan.

Ditekankan, pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Banjar yang diizinkan menggelar Karya Bakti Sosial TNI dan bersinergi dengan dinas dan instansi terkait membantu masyarakat desa yang mengalami musibah. 

Bati Bakti TNI Sterdim 1006/Banjar Peltu Gunawan mengatakan, jumlah personel diturunkan sesuai arahan Dandim yakni satu satuan setingkat peleton yang membantu perbaikan dan pembersihan rumah warga. 

"Melalui Karya Bakti Sosial TNI ini diharapkan membantu warga yang terkena musibah sehingga dapat meringankan perbaikan sebagian rumah yang rusak ringan agar bisa dihuni kembali," ucap Gunawan.

Diketahui, angin puting beliung yang terjadi, Jumat (11/6) menyebabkan 26 buah rumah warga Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat rusak baik rusak berat, sedang dan rusak ringan akibat fenomena alam itu.

"Rumah yang rusak 26 buah dengan rincian 15 rusak berat, lima buah rusak sedang dan enam rusak ringan serta jumlah terdampak 31 kepala keluarga terdiri dari 71 jiwa," kata Pambakal Desa Penggalaman Nur Ifansyah.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021