Si jago merah menghanguskan dua unit rumah warga Desa Tungkap Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan pada Minggu siang saat penghuninya pergi keacara hajatan.

Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada di Paringin Minggu, mengatakan pada saat kejadian memang penghuninya tidak ada di rumah karena pergi keacara hajatan di kampung yang sama.

"Untuk kejadian sendiri terjadi sekitar pukul 11.23 WITA, yang mana pada saat kejadian penghuninya tidak ada di rumah. Dan berdasarkan data di lapangan, si jago merah menghanguskan dua unit rumah warga," kata dia.

Dia melanjutkan, satu unit rumah warga yang dihuni oleh pasangan Tardi dan Norhikmah serta kedua anaknya tersebut 100 persen ludes terbakar.

Rumah warga hangus terbakar (Antaranews Kalsel/HO)

Sementara satu buah rumah lainnya, yaitu milik pasangan Rizani dan Sawiyah serta ketiga anaknya hanya terbakar kurang lebih lima persen saja.

Untuk korban jiwa yang ditimbulkan dari kebakaran itu, lanjut Syuhada, tidak ada korban jiwa dan kendalanya adalah jalan yang sempit sehingga menyulitkan para relawan BPK, BPBD Balangan, anggota Polres Balangan serta para anggota Koramil Paringin untuk memadamkan api tersebut.

"Alhamdulillah sekitar pukul 12.10 WITA api sudah berhasil kami kuasai, sehingga rumah warga di sekitar lokasi kebakaran aman, kendala lainnya yaitu karena semua bangunannya terbuat dari kayu maka membuat api dengan cepat menjalar ke seluruh bagian rumah." pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Paringin AKP Eko Budi Mulyono membenarkan terkait adanya peristiwa kebakaran pada permukiman warga Desa Tungkap Kecamatan Paringin Selatan.

“Infonya masuk kepada kami kurang lebih sekitar pukul 11.23 WITA, untuk hasil penyelidikan sendiri diduga diakibatkan adanya korsleting arus listrik. Arus listrik sendiri dialirkan dari rumah utama korban dengan kabel serabut," jelasnya.

Selanjutnya, jelas Eko, kemungkinan besar karena beban arus tidak sebanding maka menimbulkan panas dan memercikan api ke bagian atap rumah korban.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021