Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Sebanyak 50 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan bagian humas dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional Daerah (HPND) 2015 di Bumi Saraba Kawa ini.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi aparatur pemerintahan ini menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabalong -

Balangan, Sabirin HAS Syukran Nafis di Tanjung, Senin mengundang nara sumber dari PWI Kalsel dan bagian humas Pemkab Tabalong.

"Sebelumnya pelatihan jurnalistik juga kita gelar bagi pelajar dan guru sebagai rangkaian peringatan Hari Pers Nasional Daerah selanjutnya pelatihan yang sama diikuti kalangan PNS di lingkungan Pemkab Tabalong," jelas Sabirin.

Pelatihan jurnalistik dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Setda Tabalong, Syaiful Bakhri yang saat itu mengatakan kegiatan ini selain memberikan wawasan terkait dunia jurnalistik sekaligus memahami hubungan yang baik pemerintah daerah dengan media.

"Kalangan PNS yang mengikuti pelatihan jurnalistik bisa lebih memahami tugas-tugas awak media termasuk bisa membuat press release, sehingga bisa diaplikasikan di masing-masing instansinya," jelas Syaiful.

Syaiful juga berharap kegiatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh aparatur sipil negara untuk dapat memahami seluk beluk dunia jurnalistik sehingga sekembalinya dalam mengikuti kegiatan ini saudara-saudara dapat menjalankan peran dan fungsi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Selain itu bisa berperan aktif berkontribusi dalam pembangunan daerah yang dicintai ini.

Hadir selaku nara sumber yakni Wakil Ketua bidang Pendidikan PWI Kalsel, Toto Fachrudin dan staf bagian humas Pemkab Tabalong, Muhammad Yusnadian Noor yang mengulas seputar dunia fotografi.

Dalam pemaparannya Toto mengatakan kalangan aparatur negara pun harus bisa memahami prinsip pers baik itu undang-undang pers maupun kode etik jurnalistik serta bisa memberikan informasi yang objektif.

"Sebagai mitra dalam penyebarluasan informasi, media dan pemerintah daerah tentunya harus menjalin hubungan yang baik dan humas sebagai wakil suatu instansi juga bisa menyiapkan informasi yang dibutuhkan pers," jelas Toto.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015