Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sultan H Khairul Saleh bersama ribuan jamaah baik yang dari dalam  maupun luar daerah di Kabupaten Banjar menghadiri haul akbar Syeikh H.Ahmad Marzuki yang ke 18 di Desa Tambak Sirang Baru Kecamatan Gambut Kabupten Banjar, Ahad (5/4).

Siaran Pers Humas Banjar Komplek diterima Antaranews Kalsel, Minggu menyebutkan pemakaman Syeikh H.Ahmad Marzuki Bin Syeikh H Sulaiman wali ( cakru/panangkalan) nampak sangat padat oleh kerumunan para jamaah yang ingin mengikuti rangkaian haul dari juriat keturunan ke 6 dari Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang lebih dikenal datu kelampayan .

Pada rangkaian haul tersebut, Sultan H Khairul Saleh yang juga Bupati Banjar tersebut dalam sambutan mengungkapkan rasa syukur dan bahagia masih diberikan kesempatan dan umur oleh Allah SWT berkumpul bersama ulama dan masyarakatnya di Kabupaten Banjar, untuk melaksanakan haul sang ulama yang telah banyak berjasa dalam penyebaran agama islam.

“Saya sangat bersyukur dan bahagia masih diberikan kesempatan dan umur oleh Allah SWT untuk dapat menghadiri haul salah satu ulama kebanggaan kita Tuan Guru H Ahmad Marjuki yang sangat berjasa dalam menyebarkan dan menularkan ilmu agama Islam kepada masyarakat,” kata Sultan H Khairul Saleh.

Kemudian Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kalimantan Selatan juga mengingatkan berkat ilmu dan pembelajaran para ulama, Islam menjadi tuntunan hidup, adat dan budaya orang banjar yang wajib di tauladani masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Sultan H Khairul Saleh juga menyampaikan ucapan pamit kepada seluruh unsur masyarakat yang telah mempercayainya memimpin Kabupaten Banjar selama dua periode untuk memberikan ridho dan maaf kepadanya selama memimpin daerah.

Haul yang dimulai dengan pembacan Maulid Habsyi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan manaqib Syeikh H.Ahmad Marzuki dan disambung tahlil juga turut dihadiri tokoh ulama dan pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Banjar seperti Pangeran Abidinsyah, Camat Gambut Arbani dan yang lainnya.(Reza/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015