Pelaihari, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, H Bambang Alamsyah menegaskan  kegiatan  lomba desa  dinilai penting,  mengingat lomba tersebut merupakan salah satu kegiatan agenda nasional.


“Lomba desa sebagai penjabaran dan tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13/2007, tentang Perlombaan Desa dan Perlombaan Kelurahan, karena merupakan alat evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan. atas usaha masyarakat desa dan untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan,” ujar H Bambang Alamsyah, ketika memberikan sambutan pada Penilaian Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Tanah Laut tahun 2015, di Desa Durian Bungkuk, Kecamatan Batu Ampar, Senin (6/4).

Dari penilaian lomba desa tersebut, sebut dia,  diharapkan dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dalam waktu satu tahun.

“Ujung tombak kegiatan pembangunan Kabupaten Tanah Laut pelaksanaannya berada di desa dan kelurahan dengan, menitikberatkan pada bidang pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Dijelaskannya, upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, dapat dilakukan melalui  intervensi berbagai program pembangunan, baik program sektoral, program regional maupun daerah, dan program bantuan yang ditujukan kepada desa, dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam seluruh proses pembangunan.

“Kemudian upaya berikutnya adalah,  meningkatkan kemandiriamasyarakat dilakukan upaya penataan sistem pengelolaan pembangunan dan pengembangan kelembagaan masyarakat, agar masyarakat desa dapat berperan aktif secara optimal dalam seluruh proses pembangunan,” tegasnya.



Pewarta: arianto

Editor : Arianto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015