Sekolah tatap muka di Kabupaten Balangan akan segera dilaksanakan pada Juli 2021 setelah semua zona di tiap wilayah dipastikan aman.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan H Rahmi di Paringin Selasa, mengatakan sesuai hasil rapat bersama dengan DPRD Balangan, Kemenag Balangan serta instansi terkait lainnya, secara teknis telah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Secara teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan telah siap untuk melaksanakan pelajaran tatap muka, karena kita telah memiliki panduan dan telah mensosialisasikannya ke pihak-pihak sekolah dan kita juga telah menyiapkan proses simulasinya," kata dia.

Dia menambahkan, karena mengingat pelajaran tatap muka harus sesuai ketentuan yakni zona hijau atau kuning, maka PTM di Balangan haruslah mengacu kepada aturan.  

"Pada dasarnya kita nyatakan siap melaksanakan PTM, bahkan kita sudah survei, verifikasi dan melakukan rakor. Artinya kita tinggal melaksanakan saja lagi," pungkasnya.

Ketua Komisi I DPRD Balangan H Rusdi Hsy menyampaikan, apabila wilayah Balangan tidak masuk dalam zona kuning atau hijau tidak bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM), meski kesiapan sekolah-sekolah telah rampung sampai 100 persen.

"Setiap sekolah telah siap melaksanakan PTM, tapi itu tadi kita harus menunggu zona kuning atau hijau serta izin kepala daerah. Karena Balangan masih masuk dalam zona oreng," ujarnya.

Bahkan menurut dia, masyarakat di Balangan telah menghendaki adanya PTM, selama tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka rasanya anak didik ada penurunan dalam hal pembelajaran.

Selain itu, banyak masukan dari kawan-kawan bahwa adanya kesepakatan harus melaksanakan PTM, tapi kita tidak bisa harus menatati aturan, sehingga kita harus menunggu zona kita berubah menjadi zona kuning atau hijau baru bisa melaksanakannya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021